Comscore Tracker

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk Menghindarinya

Ada yang pernah kehilangan uang 20 juta rupiah dan berlian

Kepolisian Resort Bandara Soekarno Hatta baru-baru ini telah berhasil membongkar sindikat porter Lion Air yang kerap kali mencuri barang berharga milik penumpang yang ada di bagasi. Kasus pencurian tersebut terbongkar setelah seorang porter berinisial S terekam oleh kamera pengawas. Dia sedang melakukan aksinya membongkar tas penumpang di Terminal 1 beberapa bulan lalu.

Banyak sekali laporan penumpang yang mengaku kehilangan uang 20 juta rupiah, kamera, perhiasan berlian, dan lain-lain. Bahkan ada juga seorang penumpang yang kehilangan tasnya di OOG. Dengan semakin maraknya laporan kehilangan tersebut, petugas pun berupaya untuk semakin intens dalam melakukan pengamanan. Dan akhirnya, mereka berhasil mengungkapkan pencurian tersebut. 

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber gambar : daerah.sindonews.com

Porter bernisial “S” yang menjadi dalang dibalik aksi pembobolan tas ini sudah bekerja sejak awal 2014 lalu. Dia mengakui bahwa perbuatan yang dilakukannya tersebut karena faktor lingkungan dan tekanan. Pasalnya, porter yang menolak bergabung dengan salah satu kelompok pencuri akan dikucilkan dan disiksa secara fisik. Pelaku kriminal ini memang cukup jeli dalam melakukan aksinya. Biasanya yang menjadi sasaran empuk adalah koper yang terlihat mewah dan tidak dibungkus plastik pengaman.

Lalu bagaimana caranya supaya bagasi kamu tetap aman saat naik pesawat? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Kamu bisa mempertimbangkan memakai tas carry-on atau tas yang bisa dibawa kemana-mana. Dengan memakai tas ini maka resiko kehilangan barang atau kecurian barang akan bisa diminimalisir.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: ausbt.com

2. Masukan informasi kontakmu di dalam tas. Misalnya nomer telepon atau nomer HP. Dengan demikian, apabila tasmu hilang dan ditemukan oleh seseorang atau petugas keamanan, mereka akan lebih mudah untuk menghubungimu.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: suaramerdeka.net

3. Usahakan tidak menaruh barang berat di tempat penyimpanan di atas kepala. Apalagi yang beratnya mencapai 20 kilogram. Selain bisa menjaga keamanan dari barang yang kamu bawa, hal ini juga akan mengurangi dampak cedera yang ditimbulkan apabila tas tiba-tiba jatuh dari penyimpanan.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: mymagazineadventure.com

4.  Bawalah barang berharga bersama denganmu. Jangan memasukan semua barang yang berharga dalam satu tas yang sama. Bawalah dua tas dan pisahkan mana tas yang berisi barang-barang terpenting yang kamu bawa saat itu.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: molto.co.id

5. Buat tampilan tas kamu sedemikian rupa sehingga mudah dikenali. Pasalnya banyak sekali desain tas yang mirip-mirip sehingga beresiko tertukar dengan penumpang lainnya.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: bukalapak.com

6. Segera laporkan ke petugas keamanan apabila tas bagasi kamu hilang. Jangan menunggu lama-lama. Laporkan masalah kehilangan tas kamu ke agen bagasi atau perwakilan lain yang ada di maskapai.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: liputan6.com

7. Usahakan untuk tidak membawa barang-barang berbahaya di dalam bagasimu. Barang-barang tersebut selain membahayakan penumpang lain juga akan membuat tasmu rusak dengan mudah.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: karawangtravel.com

8. Setiap tas harus dilengkapi dengan pengenal dari bandara. Jika kamu tak yakin dengan kode yang diberikan, kamu bisa menanyakan kepada pihak yang berwenang. Hal ini agar kamu merasa lebih lega. Jika perlu, foto tasmu supaya nantinya bisa membuktikan kalau itu adalah tas milikmu ketika ada masalah yang terjadi.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: merdeka.com

9.  Mungkin cara ini terdengar ekstrim tapi tak ada salahnya untuk dilakukan. Kirimkan tasmu ke tempat tujuan. Hal ini akan mengurangi biaya muat, kelebihan berat, dan lain-lain.

Pencurian Bagasi di Bandara Kian Marak, Ini 9 Tips untuk MenghindarinyaSumber Gambar: maxmonroe.com

Nah, dengan menerapkan tips dan trik ini, keselamatan tasmu di bagasi pun jadi lebih terjamin. Sehingga perjalananmu juga lebih menyenangkan dan tenang. 

Topic:

Berita Terkini Lainnya