Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!

Diduga ISIS di balik semua ini

Aksi teror yang terjadi di kawasan Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat membuat duka bagi masyarakat Indonesia. Hingga kini, tercatat 26 orang jadi korban. Sebanyak 7 orang meninggal dan 19 luka-luka. Bagaimana perkembangan berita mengenai teror bom Sarinah hari ini? Berikut 11 kabar update terbarunya.

1. Pria berkaus hitam, topi hitam, celana jeans, yang membawa ransel menjadi perhatian banyak orang saat melakukan aksinya di tengah jalan. Pria ini disebutkan sebagai seorang guru ngaji di Karawang. Ada pula yang menyebutkan sebagai tukang pijat dari Sumedang.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber gambar: okezone.com

2. Kelompok ISIS mengklaim bahwa pihaknya bertanggung jawab atas serangan penembakan dan bom bunuh diri di Sarinah, Jakarta.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber gambar: activistpost.com

Dilansir The Guardian, terlihat pernyataan tersebut ditulis dalam bahasa Arab dan berlogo "Islamic State". Berikut sepenggal isi pernyataannya:

"Sekelompok militan khilafah di Indonesia telah menargetkan sekumpulan aliansi kafir yang melawan ISIS di Jakarta, melalui pemasangan beberapa alat peledak yang kemudian meledak, serta empat militan lainnya menyerang menggunakan senjata api dan sabuk peledak."

3. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan sanksi tertulis kepada lima media massa elektronik yang diduga melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS). Mereka adalah TV One, TVRI, Indosiar, iNews, dan Elshinta.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber Gambar: jakarta.coconuts.co
4. Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa ada keterlibatan Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo dalam peristiwa teror di Jakarta kemarin. Saat ini, Bahrun Naim sedang menjadi buronan. Diduga dia berada di Suriah dan bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber gambar : liputan6.com

5. Sebagai antisipasi PT Angkasa Pura 1 memperketat pengamanan Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber gamba: beritasatu.com

Semua pengunjung dan calon penumpang yang memasuki area bandara dihentikan di pintu masuk untuk kemudian dilakukan pemeriksaan semua barang bawaan. Serta kendaraan pengunjung juga tidak luput pula dari pemeriksaan.

6. Wisatawan dari Malaysia, Singapura, dan Thailand diperkirakan akan membatalkan kunjungan ke Indonesia karena takut dengan serangan teror bom.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber Gambar: bbc.co.uk

Akibat dari ledakan bom di Sarinah, Jakarta Pusat, membuat sejumlah pelaku wisata khawatir terhadap menurunnya jumlah kunjungan turis asing. Ketua Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies DIY Sudianto memperkirakan ledakan bom di Sarinah akan menurunkan sekitar 10 persen jumlah kunjungan turis asing.

7. Al Qaeda sebut "Matahari Kemenangan dari Nusantara" dalam pesan audio yang dikeluarkan sehari sebelum serangan di Jakarta. Ini diduga adalah pertanda bahwa besoknya akan ada serangan teror yang terjadi di Indonesia.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber gambar: cnnindonesia.com

8. Sarinah (Persero) menyatakan tidak ada petugas pengamanannya yang tewas dalam peristiwa bom kemarin. Tidak benar jika ada upaya dari pelaku untuk masuk ke dalam gedung terlebih dahulu.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber Gambar: bbc.co.uk

9. Perserikat Bangsa-bangsa melalui Departemen Keselamatan dan Keamanan menerbitkan semacam pedoman mengenal ciri-ciri pelaku yang akan melakukan serangan bom bunuh diri.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber Gambar: tsatic.net

Berikut ciri-ciri orang yang akan melakukan bunuh diri versi PBB: 

- Calon pelaku berusia 16-40 tahun baik perempuan maupun laki-laki atau anak-anak berusia 8 -15 tahun.

- Bercukur jenggot dan kumis sebelum menjalankan serangan di ruang publik.

- Bisa berbaur dengan kerumunan

- Memakai parfum tak biasa yang diyakini sebagai bagian dari ritual persiapan ke surga.

- Memakai baju ukuran besar dan tas ransel besar kendati dalam cuaca panas, untuk menyembunyikan bom.

- Calon pelaku bom bunuh diri biasanya berkeringat banyak kendati dalam cuaca dingin, karena tegang.

- Pelaku sering berbicara sendiri dan pandangan sangat fokus pada satu titik yang merupakan target serangan.

10. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau berjanji akan membantu Indonesia mengantisipasi dampak teror bom di kawasan Sarinah. Pasalnya, satu warga Kanada menjadi korban meninggal dalam insiden tersebut.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber Gambar: bbc.co.uk

11. Menteri luar negeri Australia, Julie Bishop dalam keterangan kepada media ABC bahwa serangan seperti ini sudah diperkirakan kemungkinan akan terjadi. Oleh karena itu Australia dan Indonesia akan meningkatkan kerja sama mereka dalam hal kontra terorisme.

Ini 11 Kabar Terbaru Kasus Bom di Kawasan Sarinah, Jakarta!Sumber Gambar: bbc.co.uk

Semoga para pelaku segera tertangkap dan aksi teror tidak lagi terjadi. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya