Tahun Ini Jumlah Pengangguran Meningkat Jadi 7,6 Juta Orang

Dikarenakan PHK dan kurangnya penyerapan tenaga kerja.

Jumlah pengangguran yang ada di Indonesia terus merangkak naik. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pengangguran saat ini telah mencapai 7,56 juta orang. Jumlah ini setara dengan 6,18 persen dari total angkatan kerja Indonesia yang berjumlah 122,4 juta orang.

Tingkat pengangguran tersebut didominasi oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan persentase 12,65 persen. Kemudian di bawahnya ada Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan persentase 10,32 persen, Diploma 7,54 persen, Sarjana atau Universitas 6,40 persen, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 6,22 persen, dan Sekolah Dasar (SD) 2,74 persen.

Tahun Ini Jumlah Pengangguran Meningkat Jadi 7,6 Juta OrangSumber Gambar: viva.co.id

Dilansir Kompas.com, (5/11), jumlah tersebut lebih besar dibandingkan tahun lalu. Jumlah pengangguran pada saat itu hanya 7,24 orang atau 5,94 persen. Dengan kata lain jumlah pengangguran saat ini mengalami kenaikan hingga 320.000 orang.

Menurut Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS, Kecuk Suharyanto, salah satu faktor yang membuat jumlah pengangguran meningkat adalah PHK yang tinggi dan angkatan kerja baru yang tidak banyak diserap oleh perusahan.

Tahun Ini Jumlah Pengangguran Meningkat Jadi 7,6 Juta OrangSumber Gambar: kompas.com

Kenaikan angka pengangguran ini sebenarnya sudah terjadi sejak semester awal 2015. Pada saat itu, angka pengangguran terbuka sudah berada pada 7,45 juta orang atau setara dengan 5,81 persen dari total angkatan kerja. Jumlahnya meningkat dibandingkan semester awal 2014.

Tahun Ini Jumlah Pengangguran Meningkat Jadi 7,6 Juta OrangSumber Gambar: klimg.com

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya