Belanda Akan Kembalikan 14.000 Artefak Kuno Indonesia

Dikarenakan adanya kesulitan dalam melakukan perawatan.

Banyak artefak kuno milik Indonesia telah tersimpan di Belanda selama bertahun-tahun. Namun, kini 14.000 artefak kuno akan dikembalikan oleh pemerintah Belanda ke pemerintah Indonesia. Belum ada tujuan yang jelas mengenai sikap pemerintah Belanda ini. Mereka berdalih bahwa pengembalian ini dikarenakan adanya kesulitan dalam melakukan perawatan terhadap benda - benda tersebut.

Belanda Akan Kembalikan 14.000 Artefak Kuno IndonesiaSumber Gambar: wp.com

Dilansir Kompas, (4/11), Katjung Marijannya, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa jumlah artefak yang akan dikembalikan ke Indonesia awalnya adalah 18.000, namun setelah dilakukan pengkajian lebih lanjut ternyata yang dikembalikan hanyalah 14.000 saja.

Belanda Akan Kembalikan 14.000 Artefak Kuno IndonesiaSumber Gambar: beritaempat.com

Katjung akan berangkat ke Belanda dalam waktu dekat guna membahas terkait jenis artefak yang akan dipulangkan. Selain itu, pertemuan ini juga akan mebahas mengenai teknis, waktu dan pembiayaan pengembalian artefak.

Belanda Akan Kembalikan 14.000 Artefak Kuno IndonesiaSumber Gambar: indopos.com

Pasalnya, jika jumlah artefak yang akan disimpan terlalu banyak, maka artefak ini akan dibagikan ke museum-museum daerah. Namun, apabila masih tidak mencukupi, maka artefak tersebut akan disimpan di museum nasional.

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya