Tak Hanya Polisi, JK Juga Yakin Rizieq Akan Pulang Sendiri

Akankah dia pulang?

Pihak penegak hukum meyakini bahwa Rizieq Shihab akan pulang ke Indonesia dengan sendirinya. Sebelumnya Ketua Front Pembela Islam (FPI) ini tidak hadir dalam pemanggilan yang dilakukan pihak kepolisian. Diketahui, Rizieq malah pergi ke Arab Saudi untuk melakukan umrah. Tetapi, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Syafruddin menegaskan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan interpol untuk memanggil paksa Rizieq pulang ke tanah air.

Tak Hanya Polisi, JK Juga Yakin Rizieq Akan Pulang SendiriAwan Negus Takari/Kompas.com

Namun, seperti diberitakan Kompas.com, (26/5), Syafruddin mengatakan pemanggilan paksa merupakan cara terakhir apabila Rizieq benar-benar tidak memenuhi panggilan dari pihak berwajib. Pasalnya, keterangan dari Rizieq sangat diperlukan untuk mengusut tuntas kasus chat bermuatan pornografi yang terlanjur tersebar di internet.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto juga menambahkan bahwa pihaknya sudah berkali-kali meminta kepada Rizieq untuk menjalani proses hukum yang ada di Indonesia. 

Rizieq Shihab seharusnya kooperatif dan mau diajak kerja sama.

Tak Hanya Polisi, JK Juga Yakin Rizieq Akan Pulang Sendiriviva.co.id

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menilai bahwa Rizieq mempersulit pengungkapan kasus yang juga melibatkan nama Firza Husein tersebut. Sampai saat, ini belum ada itikad Rizieq untuk kembali ke Indonesia.

Dia menyayangkan sikap Rizieq ini karena harusnya dia dapat kooperatif dan bekerjasama menyelesaikan kasus yang terlanjur menjadi konsumsi publik tersebut. Konsekuensinya adalah kasus ini berpotensi memunculkan prasangka dan mengada-ada di kalangan publik. Rizieq diminta untuk kembali ke tanah air supaya bisa menceritakan lebih detail dan apa adanya terkait kasus itu.

Baca Juga: Lama Tak Terdengar, Begini Perkembangan Kasus Dugaan Chat Mesra Rizieq-Firza. 

Terkait sikap Rizieq tersebut, Argo enggan menyampaikan ada atau tidaknya kemungkinan jeratan pasal tambahan untuk Rizieq karena sikapnya tersebut.

JK meyakini Rizieq akan segera pulang ke Indonesia dan memenuhi kewajibannya.

Tak Hanya Polisi, JK Juga Yakin Rizieq Akan Pulang SendiriKritianto Purnomo/Kompas.com

Selain polisi, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga meyakini bahwa Rizieq akan segera pulang ke Indonesia guna memenuhi panggilan pihak kepolisian kepadanya. JK berharap Rizieq mau menjadi warga yang taat hukum di negara ini.

Dengan dalih melaksanakan umrah dan melakukan hal lainnya, Rizieq tidak hadir dalam panggilan pihak kepolisian.  Selain umrah, dia diketahui juga sempat pergi ke Yaman guna menjenguk anaknya yang melahirkan. Dia juga dikabarkan pergi ke Malaysia guna menuntaskan studinya.

Baca Juga: Firza Husein Akhirnya Angkat Bicara Tentang Sosok Ema dan Rizieq Syihab. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya