Tinggalkan Jakarta, Ini Oleh-oleh Raja Salman dari Jokowi

Terima kasih Raja Salman.

Akhirnya kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di Jakarta telah usai. Sang raja pun kini bertolak ke Brunei Darussalam selama setengah hari sebelum tiba di Bali, Sabtu (4/3) malam. Sebelum meninggalkan Jakarta, Presiden Joko Widodo pun memberikan kenang-kenangan untuknya.

Tinggalkan Jakarta, Ini Oleh-oleh Raja Salman dari JokowiIDN Times

Dikutip Kompas.com, (4/3), Kepala Biro Pers dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Presiden memberikan foto album yang memuat kegiatan Raja Salman selama berada di Istana Kepresidenan Bogor dan Istana Kepresidenan Jakarta. Kenang-kenangan ini diberikan saat keduanya menikmati jamuan teh di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (3/3).

Setelah memberikan kenang-kenangan, Raja Salman bertemu dengan tokoh lintas agama.

Tinggalkan Jakarta, Ini Oleh-oleh Raja Salman dari JokowiIDN Times

Acara pun dilanjutkan dengan pertemuan dengan tokoh lintas agama di Hotel Raffles. Para tokoh lintas agama yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah wakil dari agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Jokowi pun mengatakan bahwa kehadiran para tokoh lintas agama ini adalah representasi dari kemajemukan yang ada di Indonesia. Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa tokoh lintas agama tersebut menjadi salah satu pilar dari terciptanya persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh 28 tokoh lintas agama, antara lain dari agama Islam diwakili oleh Prof. Dr. Azyumardi Azra, Din Syamsuddin, Prof. Dr. Alwi Shihab, Prof. Dr. Kammarudin Amin, Abdul Mufti, Zannuba Arriffah C. Rahman (Yenny Wahid), Komaruddin Hidayat, Masyakuri Abdillah dan Yudie Latief.

Tinggalkan Jakarta, Ini Oleh-oleh Raja Salman dari JokowiIDN Times

Sementara itu dari tokoh-tokoh mewakili agama Kristen Protestan adalah Pdt. Rony Mandang, Hanriette T. Hutabarat, Pdt. Dr. Jacob Nahuway dan Gomar Gultom. Dari agama Kristen Katholik diwakili oleh Mgr. Antonius Subianto Mgr. Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Osc, Mgr. Paskalis Bruno Syukur Ofm dan Franz Magnis Suseno.

Baca Juga: Mewah! Ini Kumpulan Foto Kedatangan Raja Salman di Indonesia. 

Tokoh agama Budha yang hadir adalah Bhikku Sri Pannyavaro, S. Hartati Tjakra Murdaya, Suhadi Sanjaya dan Arif Harsono. Tokog agama Hindu diwakili oleh Ir. Ketut Parwata, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta dan Made Gede Erata. Tokoh agama Konghucu diwakili oleh Ws. Budi Santoso Tanuwibowo, Uung Sendana dan XS Djangrana.

Raja Salman memberikan cindera mata kepada tokoh lintas agama.

Tinggalkan Jakarta, Ini Oleh-oleh Raja Salman dari JokowiIDN Times

Raja Salman juga‎ memberikan hadiah kepada para tokoh lintas agama yang hadir di Hotel Raffles tersebut. Hadiah tersebut adalah berupa pin berwarna emas‎ yang bertuliskan SAUNESIA yang merupakan singkatan dari Saudi Arabia-Indonesia dan menyandangkan simbol dari kedua negara.

Baca Juga: Kedatangan Raja Salman Disambut dengan Meme yang Bikin Ngakak Berjamaah. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya