Antusiasme Warga Cisoka, Tangerang dalam Pesta Demokrasi 2019

#1000MillenialsKawalPemilu petugas KPPS banyak millennials!

Tangerang, IDN Times - Hari ini, Rabu (17/4) seluruh warga negara Indonesia serempak mengikuti pemilihan umum. Pesta demokrasi yang digelar 5 tahunan ini tentu membawa semangat yang berbeda bagi setiap warga Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Seperti di daerah Cisoka, Tangerang, Banten ini warganya sangat antusias dalam menyambut pilpres 2019 ini. Berikut suasana antusiasme masyarakat Cisoka yang turut andil dalam pemilu 2019.

1. Warga sudah mengantre untuk mencoblos sejak pagi

Antusiasme Warga Cisoka, Tangerang dalam Pesta Demokrasi 2019IDN Times/Rizna M. Hidayah

Di TPS 12 daerah Cisoka, tepatnya Desa Cempaka, Tangerang, Banten ini sudah ramai dikunjungi warga sekitar yang akan mencoblos. Antusiasme ini tentu terlihat daro antrean warga yang sudah ada sejak pagi. Ada 4 bilik yang disediakan oleh KPPS pada pemilu tahun ini.

Terdapat hal unik yang terlihat dari TPS di daerah ini, yaitu lokasinya yang memang ditempatkan di rumah warga. Selain dana yang kurang, juga sebagai antisipasi jikalau terjadi hujan dan sebagainya. Lokasi rumah yang dipilih juga yang sangat strategis yakni di perempatan jalan.

2. Pencoblos juga dari berbagai kalangan

Antusiasme Warga Cisoka, Tangerang dalam Pesta Demokrasi 2019Dok. IDN Times/Rizna M. Hidayah

Para pencoblos warga di Cisoka ini juga terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari lansia, orang tua bahkan kaum millenials. Seperti Muhammad Ali, seorang warga Cisoka ini mengutarakan harapannya untuk Indonesia lebih baik pada 5 tahun yang akan datang. 

Bapak berusia 40 tahunan ini optimis bahwa pilihannya akan menang dan dapat mengubah Indonesia dalam segi apapun untuk kemajuan Indonesia dan kemakmuran bangsa. 

Baca Juga: Pemilu Serentak, Intip Yuk Suasana Pemilu di TPS 27 Bogor

3. Ketua dan para saksi di TPS terdiri dari para millenials

Antusiasme Warga Cisoka, Tangerang dalam Pesta Demokrasi 2019Dok. IDN Times/Rizna M. Hidayah

TPS 12 ini dipimpin oleh Muhammad Fahrurozi, seorang millenial yang diberi tanggung jawab untuk menjadi ketua pada pemilu tahun ini. Ia bersama kawan-kawannya yang menjadi saksi di TPS 12 ini merupakan pengalaman pertamanya. Sebelumnya, mereka memang aktif dalam kegiatan di acara-acara yang dilaksanakan di desa Cempaka ini. 

Menurut Oji - begitu dia sapa - pada pilpres tahun ini warga sekitar terlihat sangat antusias. Bahkan, antrean juga sudah ramai sejak pagi. Oji mengatakan bahwa angka golput tahun ini jelas berkurang. Berbeda dari tahun lalu yang hanya ada 2 TPS. 

"Untuk tahun ini jelas berkurang karena warga tidak perlu jauh-jauh datang ke TPS. Beda dari 5 tahun sebelumnya, tahun ini 1 RT untuk 1 TPS." Ucap Oji ketika di wawancarai. 

Oji juga berkata bahwa tidak ada kendala dalam pilpres tahun ini, karena memang sebelumnya sudah diberi arahan. 

4. Paslon capres dan cawapres no. urut 02 menang suara separuh lebih

Antusiasme Warga Cisoka, Tangerang dalam Pesta Demokrasi 2019Dok. IDN Times/Rizna M. Hidayah

Berdasarkan hasil penghitungan suara di TPS 12 Cisoka, Desa Cempaka, Tangerang, Banten ini untuk pemilihan presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Sandiaga unggul dengan 137 suara dari 250 warga yang terdaftar. Sedangkan untuk nomor urut 1, Jokowi - Ma'ruf hanya meraih 74 suara. 

Hasil ini tentu sesuai dengan mayoritas di Cisoka yang memang cenderung memilih nomor urut 02 pada pemilihan presiden tahun ini. Baik ketua, anggota, maupun warga sekitar juga berharap dengan adanya presiden baru dapat memberikan kemakmuran dan keadilan serta kemajuan bagi bangsa Indonesia. 

Baca Juga: Antusiasme Warga Jagalan di Pilpres 2019, Millennial hingga Lansia

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya