Comscore Tracker

Minat Millennial Warga Tekoan Jember dalam Pemilu 2019 Berkurang

#1000MillennialsKawalPemilu millennials berani datang TPS!

Jember, IDN Times - Tepat 17 April 2019, Indonesia sedang melaksanakan pesta demokrasi yang diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Berpartisipasi di ajang Pemilu dengan harapan menjadi saksi perubahan wajah Indonesia kedepan.

Antusiasme warga yang diharapkan berbondong-bondong datang ke TPS berbanding terbalik dengan yang terjadi di TPS 27, Kelurahan Teko'an, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember,Jawa Timur. Pesta demokrasi yang diharapkan berjalan Luber dan Jurdil, sayangnya tidak diikuti dengan partisipasi generasi millennial di TPS 27. Mengapa demikian?

1. TPS 27 di kelurahan Tekoan Jember kurang menarik perhatian millennials

Minat Millennial Warga Tekoan Jember dalam Pemilu 2019 BerkurangDok.IDN.Times/Rizqi Ramadhan

Tidak seperti beberapa TPS lain yang memiliki hiasan dekorasi unik, TPS 27 hanya berhiaskan tulisan sederhana pada bagian pintu masuk. TPS yang berlokasi di halaman rumah Ketua RT di Gg Mulya RT 04 RW 16 Kelurahan Teko'an ini memiliki halaman yang luas bagi pemilih yang sedang menunggu giliran mencoblos.

Anggaran TPS yang minim, dikeluhkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS di TPS 27. Minimnya anggaran tersebut berdampak pada suasana TPS yang terkesan sederhana. 

Terdapat 4 bilik suara dan 5 kotak suara untuk memasukkan surat suara yang sudah dicoblos. Kelima kotak suara  tersebut adalah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi, dan yang terakhir pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten/kota.

2. Harapan pemilih untuk Indonesia ke depan

Minat Millennial Warga Tekoan Jember dalam Pemilu 2019 BerkurangDok.IDN.Times/Rizqi Ramadhan

Ridzhal Zhanuar, 34 tahun, warga RT 04 RW 16 Kelurahan Teko'an ini berharap pemimpin yang terpilih dapat menuntun para millennialis di era Industri 4.0. "Ya harapannya untuk pemimpin yang terpilih  dapat berpikir kritis serta dapat berinovasi agar Indonesia memiliki daya saing di era Industri digital saat ini," ucap Ridzhal.

Selain itu, menurut Ridzhal terjadi peningkatan kesejahteraan material yang terus-menerus dan berjangka panjang yang harus di ikuti dengan  perencanaan yang  matang oleh pemimpin terpilih.

Baca Juga: Semarak Pesta Demokrasi di TPS 19 Desa Sukorejo Bangsalsari Jember

3. Ada yang berbeda di Pemilu kali ini

Minat Millennial Warga Tekoan Jember dalam Pemilu 2019 BerkurangDok.IDN.Times/Rizqi Ramadhan

Di TPS 27 Terdapat  7 anggota KPPS dan 1 bawaslu yang mengawasi langsung jalannya pemilu di TPS ini.

Menurut  salah satu anggota KPPS, Sunawan, ada sebanyak 206 DPT yang terdaftar di TPS ini. Beliau menyayangkan kurangnya minat pemilih muda di ajang pemilihan di TPS 27

"Tidak seperti suasana Pemilu lima tahun lalu, Banyak anak muda yang kurang antusias di Pemilu kali ini'' tuturnya.

Gejala ini di satu sisi tentu saja merugikan karena melalui itu kehidupan sosial menjadi begitu kurang dan kehilangan identitasnya.

4. Kurangnya suara millennial di penghitungan suara

Minat Millennial Warga Tekoan Jember dalam Pemilu 2019 BerkurangDok.IDN.Times/Rizqi Ramadhan

Pada pukul 13:30 WIB, anggota Ketua KPPS beserta anggota mulai menghitung suara. Penghitungan suara disaksikan langsung oleh bawaslu dan saksi dari kedua belah pihak. Di TPS 27 penghitungan suara berlangsung damai dan aman. Dari 206 DPT yang terdaftar, hanya 134 DPT yang mencoblos atau kurang dari 65 % dari  jumlah total DPT. Kurangnya minat pemilih muda menjadi salah satu faktor kurangnya pemilih di TPS 27.

Di TPS 27 paslon nomor urut 01 unggul 2 suara dari paslon nomor urut 02. Sedangkan untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan masih berlangsung hingga larut malam

Itulah suasana di TPS di TPS  27, Kelurahan Teko'an, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember,Jawa Timur. Sampai jumpa di pemilu selanjutnya. Salam Indonesia!

Baca Juga: Pantang Menyerah Memperjuangkan Hak Pilih Pemilu 2019

Rizqi Ramadhan Photo Community Writer Rizqi Ramadhan

Temui dia di twitter, https://twitter.com/rmdn_rizqi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You