10 Kampus Terbaik di Indonesia 2022 Versi Webometrics, Unila Termasuk!

Unila masuk peringkat kesembilan

Jakarta, IDN Times - Webometrics kembali merilis daftar kampus terbaik di Indonesia pada akhir Januari 2022. Kampus terbaik pertama diduduki Universitas Indonesia (UI), kedua Universitas Gadjah Mada (UGM), dan kegita Universitas Brawijaya.

Yang menarik, di antara perguruan tinggi yang masuk 10 besar, Universitas Lampung (Unila) yang melompat jauh ke peringkat kesembilan. Padahal, pada 2021, Unila masih berada di posisi ke-24. Berikut deretan kampus terbaik di Indonesia yang masuk 10 besar versi Webometrics.

Baca Juga: IPB Izinkan Mahasiswa Pakai Fasilitas Kampus untuk Kuliah Online

1. Unila melompat 15 peringkat

10 Kampus Terbaik di Indonesia 2022 Versi Webometrics, Unila Termasuk!Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). (IDN Times/Istimewa)

Universitas Lampung (Unila) berhasil masuk ke peringkat sembilan besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics. Ini merupakan lompatan yang jauh Unila dibanding tahun sebelumnya yang berada di posisi ke-24.

"Ranking ini melompat jauh dibandingkan 2021 yang berada di posisi 24," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Suharso, dilansir ANTARA, Selasa. (1/2/2022).

Ia mengatakan kenaikan peringkat webometrics ini berkat kerja sama sivitas akademika Unila, baik tim Webometrics maupun para dosen yang telah melakukan berbagai langkah guna meningkatkan prestasi kampus ini.

“Kami buat tim untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan Unila, lalu disusun langkah-langkah yang harus dilakukan," kata Suharso.

Langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan prestasi Unila, di antaranya meminta para dosen untuk memasukkan karya-karya mereka di Google Scholar, memaksimalkan sitasi dan memantaunya. "Selain itu juga, kami terus membenahi website setiap unit di Unila,” imbuhnya.

2. Daftar perguruan tinggi di Indonesia yang masuk peringkat 10 besar

10 Kampus Terbaik di Indonesia 2022 Versi Webometrics, Unila Termasuk!Kampus Universitas Indonesia (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Berikut daftar perguruan tinggi yang masuk 15 besar terbaik Indonesia dikutip dari laman Webometrics:

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Brawijaya (Unibraw)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Airlangga
6. Universitas Teknologi Sepuluh Nopember
7. Universitas Telkom
8. Institut Teknologi Bandung (ITB)
9. Universitas Lampung (Unila)
10.Universitas Bina Nusantara.

Baca Juga: UI Jadi Kampus Terbaik di RI Versi US News Best Global Universities

3. Penilaian peringkat perguruan tinggi melalui Webometrics

10 Kampus Terbaik di Indonesia 2022 Versi Webometrics, Unila Termasuk!(Dok Webometrics)

Webometrics merupakan suatu perangkat sistem yang berinisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah, guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web.

Pemeringkatan Webometrics berdasarkan tolak ukur website atau situs suatu perguruan tinggi yang memiliki performa cukup baik dalam tiga hal yakni impact, openness, dan excellence.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya