4 Prajurit TNI AD Masih Dirawat Akibat Helikopter Jatuh di Kendal

Empat prajurit TNI AD meninggal dalam insiden ini

Jakarta, IDN Times - Komandan Pusat Penerbangan TNI AD Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan, empat prajurit TNI AD yang terluka dalam peristiwa jatuhnya helikopter Mil Mi-17V5 di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6), masih menjalani perawatan. Dua prajurit dirawat di ruang ICU RS Dr Kariadi Semarang dan dua lainnya di RST Semarang.

"Dua orang masih dirawat di ruang ICU RS Kariadi, dua lainnya menjalani perawatan di RST Semarang," kata Teguh, usai memimpin upacara pemakaman Lettu Wisnu Tia Aruni, salah seorang korban meninggal dalam peristiwa nahas tersebut di TPU Kembangarum Semarang, seperti dilansir Antara, Minggu (7/6).

1. Investigasi penyebab jatuhnya helikopter Mil Mi-17V5 masih dilakukan

4 Prajurit TNI AD Masih Dirawat Akibat Helikopter Jatuh di KendalPuing helikopter yang jatuh di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan/WSJ)

Teguh menjelaskan saat ini masih dilakukan investigasi penyebab jatuhnya heli tersebut. Ia belum bisa memastikan penyebab maupun lamanya proses investigasi.

Menurut Teguh, heli Mil Mi-17V5 yang jatuh layak terbang. Helikopter buatan Russian Helicopter, Rusia, itu digunakan untuk latihan penerbang.

"Heli ini digunakan untuk Pendidikan Penerbang 1, persiapan untuk menjadi kapten pilot," kata dia.

Baca Juga: Helikopter TNI AD Jatuh di Kendal, 4 Meninggal 5 Luka-luka

2. Upacara pemakaman Lettu Wisnu Tia Aruni

4 Prajurit TNI AD Masih Dirawat Akibat Helikopter Jatuh di KendalPeti jenazah Lettu Wisnu Tia Aruni, prajurit TNI yang meninggal dalam peristiwa kecelakaan helikopter di Kendal dimakamkan di TPU Kembangarum Semarang, Minggu (7/6). (ANTARA FOTO/I.C.Senjaya)

Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso memimpin langsung pemakaman Lettu Wisnu Tia Aruni, salah seorang korban meninggal dunia dalam jatuhnya helikopter MI-17 di Kendal. Jenazah Lettu Wisnu dimakamkan di TPU Kembangarum Semarang, Jawa Tengah, dengan upacara militer.

"Kita menerima dengan ikhlas meninggalnya almarhum. Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhum, baik yang disengaja maupun tidak disengaja," kata dia.

Lettu Wisnu meninggal seorang istri dan satu anak.

3. Helikopter Mil Mi-17V5 ditumpangi sembilan prajurit TNI AD

4 Prajurit TNI AD Masih Dirawat Akibat Helikopter Jatuh di KendalSejumlah warga menyaksikan puing helikopter yang jatuh di Kawasan Industri Kendal (KIK), Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). (ANTARA FOTO/Aji Styawan/WSJ)

Selain Lettu Wisnu, tiga korban meninggal lainnya dalam peristiwa kecelakaan heli di Kendal, juga dimakamkan di tempat asalnya masing-masing. Tiga korban lainnya masing-masing Kapten I Kadek Suardiasa dimakamkan di Bali, Kapten Fredy Vebryanto Nugroho dimakamkan di Yogyakarta, dan Kapten Yulius Hendro dimakamkan di Cirebon.

Helikopter Mil Mi-17V5 yang ditumpangi sembilan prajurit TNI AD jatuh di kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, pada Sabtu (6/6) sore. Empat prajurit tewas dalam kejadian nahas itu.

Sementara, reruntuhan helikopter angkut multimisi itu telah dievakuasi ke markas Skuadron 31/Serbu Pusat Penerbangan TNI AD di Semarang.

Baca Juga: Saksi Mata: Helikopter Sempat Terbang Rendah Sebelum Jatuh di Kendal

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya