8 Jenazah Korban Pembantaian Tiba di Timika Papua

Tim Forensik langsung mengidentifikasi jenazah korban

Papua, Jakarta - Helikopter milik TNI Angkatan Darat yang mengangkut delapan jenazah korban pembantaian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua, Kamis (6/12) sekitar pukul 11.40 WIT tiba di Bandara Mozes Kilangin, Timika.

Setibanya di Hanggar Helikopter Bandara Mozes Kilangin Timika, jenazah para pahlawan pembangunan Trans-Papua itu langsung dimasukkan ke mobil ambulans.

Baca Juga: Ini Pemicu Kekerasan Kelompok Bersenjata di Papua Versi Kapolri

1. Tim Forensik Polri mengidentifikasi jenazah korban

8 Jenazah Korban Pembantaian Tiba di Timika PapuaANTARAFOTO/ Marius Frisson Yewun

Tim Forensik Polri kemudian mengidentifikasi jenazah korban penembakan itu di belakang Hanggar Helikopter Bandara Timika milik PT Freeport Indonesia yang dikelola PT AVCO.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Wakil Kepala Polri Komjen Polisi Ari Dono Sukmanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, turut menyaksikan proses evakuasi jenazah korban yang diduga karyawan PT Istaka Karya itu.

2. Aparat keamanan menemukan 16 jenazah korban pembantaian

8 Jenazah Korban Pembantaian Tiba di Timika PapuaANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan sejauh ini aparat gabungan TNI-Polri telah menemukan 16 jenazah korban kejahatan KKB wilayah Ndugama yang diduga pimpinan Egunius Kogoya itu.

Hadi mengatakan prajurit TNI dan personel Polri yang telah menguasai Gunung Kabo--lokasi pembantaian puluhan pekerja PT Istaka Karya, masih terus mencari korban yang meninggal dunia maupun yang selamat dalam tragedi 2 Desember malam itu.

3. Panglima TNI melepas jenazah Sertu Handoko

8 Jenazah Korban Pembantaian Tiba di Timika PapuaANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Panglima TNI juga melepas jenazah Sersan Satu Handoko untuk kemudian diterbangkan ke Sorong, Papua Barat. Sertu Handoko gugur dalam baku tembak antara aparat dengan KKB.

Pelepasan dilakukan di Hanggar Avco Bandara Moses Kilangin Timika, Mimika, Papua pada pukul 10.00 WIT. Jenazah kemudian diterbangkan ke Sorong menggunakan pesawat milik maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

Upacara pelepasan yang dilakukan secara militer tersebut juga dihadiri Wakapolri dan sejumlah jajaran TNI serta Polri.

"Kita baru saja menyaksikan upacara pemberangkatan jenazah almarhum Sersan Satu Handoko yang akan diterbangkan ke Sorong, karena rumah almarhum ada di Sorong," kata Hadi usai upacara pelepasan, seperti dilansir Antara.

4. Sertu Anumerta Handoko korban penembakan KKB

8 Jenazah Korban Pembantaian Tiba di Timika PapuaANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Panglima TNI menjelaskan, Sertu Anumerta Handoko adalah salah satu korban ketika KKB menyerang Pos Batalyon 755/Yaled di Mbua, Kabupaten Nduga pada 3 Desember lalu.

"Kejadian tepat tanggal 3 tengah malam. Setelah KKB membunuh karyawan PT Istaka Karya di wilayah ketinggian, Koba," tutur Panglima.

5. Satu prajurit TNI menjalani perawatan di rumah sakit

8 Jenazah Korban Pembantaian Tiba di Timika PapuaANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Dari 22 pasukan di Pos Batalyon 755/Yaled, satu gugur atas nama Sertu Handoko. Sedangkan, satu prajurit TNI yang terluka bernama Pratu Sugeng sedang dirawat intensif di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

Jenazah prajurit TNI Serda Handoko, korban penembakan KKB dan Pratu Sugeng di pos Yonif 755/Yalet di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, tiba di Timika, Rabu (5/12) sekitar pukul 15.00 WIT, menggunakan helikopter dari Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga.

Jenazah Handoko kemudian dibawa ke Brigif 20/IJK Kostrad III untuk disemayamkan dan baru diterbangkan ke Sorong pada Kamis (6/12) untuk disemayamkan.

Baca Juga: Evakuasi Korban Penembakan Papua Dihadang Kelompok Bersenjata

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya