Ada Pameran Arsip di Sarinah, 7 Mobil Kepresidenan Dipajang

Pameran arsip dan mobil kepresidenan sambut HUT ke-77 RI

Jakarta, IDN Times - Pameran arsip dan mobil kepresidenan untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI), resmi dibuka Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2022).

"Dengan mengucap Bismillahrrohmanirrohim, pameran pada pagi hari ini kita buka," kata Mensesneg, seperti dilansir ANTARA.

Pameran arsip dan mobil kepresidenan dijadwalkan berlangsung hingga 31 Agustus 2022. Turut menghadiri pembukaan tersebut adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Direktur Utama sekaligus Direktur Ritel Sarinah Fetty Kwartati, dan Kepala Arsip Nasional RI (ANRI) Imam Gunarto.

Baca Juga: Istana Umumkan Tema HUT 77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

1. Tujuh unit mobil kepresidenan dipajang

Ada Pameran Arsip di Sarinah, 7 Mobil Kepresidenan DipajangPresiden pertama RI Sukarno (Repro Buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat)

Sebanyak tujuh unit mobil kepresidenan yang pernah digunakan tujuh Presiden RI dipamerkan di pelataran parkir selatan Sarinah.

Unit Buick keluaran 1939 yang pernah digunakan Presiden Sukarno menjadi mobil kepresidenan tertua yang ada dalam pameran tersebut.

Sedangkan, mobil kepresidenan termuda di pameran tersebut adalah sebuah unit Mercedes-Benz Sedan S600 Guard keluaran 2008, yang pernah digunakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

2. Rekaman video pembacaan Teks Proklamasi

Ada Pameran Arsip di Sarinah, 7 Mobil Kepresidenan DipajangNaskah Proklamasi hasil tulisan tangan Bung Karno yang disimpan oleh pihak Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara, untuk pameran arsip digelar di dalam Gedung Sarinah, tepatnya di belakang relief bersejarah atau di selasar pintu masuk utara.

Beberapa arsip yang dipamerkan antara lain rekaman video pembacaan Teks Proklamasi hingga beberapa arsip kebijakan pemerintah, termasuk seruan Presiden Sukarno untuk memberantas buta huruf.

Baca Juga: Peringati HUT RI ke-77, Wali Kota Depok Keluarkan Sejumlah Imbauan

3. Pengunjung diharapkan dapat menyerap pelajaran yang terkandung

Ada Pameran Arsip di Sarinah, 7 Mobil Kepresidenan DipajangMensesneg, Pratikno. 29 Mei 2019. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mensesneg berharap pameran tersebut tidak semata-mata menjadi sesuatu yang dinikmati secara fisik, melihat berbagai arsip dan mobil kepresidenan, tetapi pengunjung juga bisa menyimak pelajaran-pelajaran yang terkandung.

"Tentu saja bukan hanya membawa kita secara fisik melihat arsip maupun mobil, tetapi lebih penting adalah bagaimana dulu para founding fathers, para pejuang pendiri bangsa, telah bekerja keras mempertaruhkan jiwa dan raga untuk membentuk berdirinya negara yang kita cintai ini. Dan ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk melanjutkan perjuangan dari beliau-beliau," katanya.

Mensesneg menyebut alasan Sarinah sebagai lokasi pameran arsip dan mobil kepresidenan, yakni karena pusat perbelanjaan ini strategis.

"Ini lokasinya sangat bagus di Sarinah, yang juga punya kenangan masa lalu yang luar biasa, mewariskan karya seni produk-produk kreatif bangsa Indonesia. Semoga semangat juang yang telah ditunjukkan oleh para pendiri bangsa itu kita warisi, kita lanjutkan untuk membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan," kata Pratikno.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya