[BREAKING] BMKG: Belum Ada Laporan Akibat Gempa Bumi Bekasi

Gempa bumi Bekasi termasuk jenis dangkal

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 3,2 Skala Richter yang mengguncang wilayah Bekasi, Jawa Barat, Selasa (10/12) pukul 12.54 WIB, termasuk jenis gempa dangkal dengan kedalaman 4 kilometer. Namun belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," sebut Hendro Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (10/12).

Hendro menjelaskan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 12:54 WIB, terletak di titik koordinat 6,54 Lintang Selatan dan 107,08 Bujur Timur, tepatnya berada di darat pada jarak 22 km barat daya Kabupaten Bekasi dengan kedalaman 4 kilometer.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cikarang dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Cibarusah dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Hendro juga menyebut hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Pastikan informasi resmi gempa bumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui laman (http://balai2.bmkg.go.id/).

Baca Juga: [BREAKING] BMKG: Gempa Bekasi Termasuk Dangkal Akibat Sesar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya