Comscore Tracker

[BREAKING] BMKG: Gempa Bengkulu Akibat Aktivitas di Zona Paling Aktif

Gempa ini tidak berpotensi tsunami

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Bengkulu hari ini, Sabtu (23/3) pada pukul 15.02 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa tersebut berada di 4.56 Lintang Selatan dan 102.41 Bujur Timur dengan kedalaman 18 km, atau berjarak sekitar 56 km barat daya Seluma, Bengkulu. BMKG juga menyebutkan gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust.

"(Zona Megathrust) yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/3).

Rahmat mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran oblique naik (Oblique Thrust Fault). Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di Bengkulu III-IV MMI, Kepahiang, Manna, Curup III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Hingga pukul 15.30 WIB, kata Rahmat, hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Karena itu, dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 5,3 M Guncang Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami  

Topic:

  • Rochmanudin

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You