Comscore Tracker

[BREAKING] BNPB: Gempa 5,1 SR di Ambon Tidak Berpotensi Tsunami

Warga merasakan kuat gempa ini

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi dengan kekuatan 5,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Ambon, Maluku, Selasa (12/11) pukul 17.10 WIB, tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

"Gempa 5,1 SR guncang Pulau Seram, tidak berpotensi tsunami," tulis Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Selasa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa tersebut berada di titik koordinat 3,49 Lintang Selatan dan 128,35 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 Km di dasar laut.

“Bapa, barusan gempa paling kuat sekali. Semoga tidak ada yang korban,” demikian laporan salah satu warga Ambon kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui pesan singkat, seperti dalam keterangan tertulis ini.

Agus menyebutkan Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Joni Sumbung yang sedang di Rumah Sakit Umum Kudamati Ambon juga melaporkan guncangan akibat gempa kali ini dirasakan cukup kuat.

"Belum ada laporan kerusakan dan korban dari BPBD Prov Maluku. Diharapkan masyarakat tidak panik dan mendengarkan informasi dari BMKG atau BPBD," kata Agus.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 5,1 SR Guncang Ambon, Warga Merasakan Getaran Kuat

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You