Comscore Tracker

[BREAKING] Gempa 5,3 SR Guncang Bali-NTB, Pelajar Dipulangkan

Warga di Bali juga merasakan guncangan kuat

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali pada Kamis (6/12) pukul 08.02 WIB, mengakibatkan warga di Pulau Dewata panik dan berhamburan ke luar gedung.

Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan akibat gempa yang semula dinyatakan berkekuatan 5,7 SR tersebut, pelajar sekolah di Mataram dipulangkan.

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. Guncangan gempa dirasakan kuat selama lima detik di Kota Mataram. Masyarakat panik dan ke luar dari rumah atau bangunan, anak-anak SD sebagian dipulangkan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/12).

Sutopo menjelaskan gempa yang tidak berpotensi terjadinya tsunami tersebut dirasakan kuat di Kota Mataram dan Lombok, serta Bali. "Di Kabupaten Lombok, gempa terasa kuat sekitar 4-5 detik. Masyarakat panik dan ke luar dari kantor atau bangunan."

"Di Denpasar gempa dirasakan sedang. Sebagian masyarakat ke luar dari rumah dan bangunan," lannjut dia.

Menurut Sutopo dampak gempa bumi ini dilaporkan menimbulkan guncangan di daerah Lombok Utara dalam skala intensitas VI MMI, Lombok Barat dan Mataram V MMI, Lombok Tengah dan Lombok Timur IV MMI, Denpasar III-IV MMI, Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua dan Sumbawa III MMI, Karangasem, Singaraja dan Kuta II-III MMI.

"Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Tim Reaksi Cepat BPBD saat ini masih mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa," imbuh Sutopo.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Bali-NTB, Penghuni Hotel Berhamburan ke Luar Kamar

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You