[BREAKING] Gempa Guncang NTB-Bali, Forum Demokrasi Tetap Berlangsung

Gempa sempat membuat warga di Bali berhamburan

Bali, IDN Times - Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), getarannya terasa hingga Pulau Bali. Kendati, tidak sampai mengganggu kegiatan Forum Demokrasi Bali (BDF) ke-11 yang berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung, yang dimulai hari ini, Kamis (6/12).

"Getaran memang sempat terasa, hanya beberapa detik, tetapi setelah itu kami biasa saja," kata Duta Besar Swiss untuk Indonesia Kurt Kunz ketika menghadiri pembukaan BDF ke-11 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Sesuai prosedur, pengelola gedung tempat berlangsungnya forum tersebut sebelumnya sudah menyampaikan arahan mengenai standar keamanan apabila terjadi bencana, sehingga anggota delegasi memahami alur evakuasi saat terjadi gempa.

Setelah terjadi gempa, pengelola gedung kembali memberikan arahan terkait standar dan prosedur keamanan saat bencana, termasuk mengimbau para delegasi untuk tetap tenang.

Seperti dilansir kantor berita Antara, tak lama berselang, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membuka BDF ke-11 bersama Presiden Nauru Baron Divavesi Waqa.

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa tektonik yang terjadi pukul 08.02 Wita yang berpusat di barat laut Mataram, NTB di kedalaman 10 kilometer di darat.

Getaran gempa itu terasa Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Mataram, dan Sumbawa serta Pulau Bali. BMKG menyatakan gempa bumi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 5,3 SR Guncang Bali-NTB, Pelajar Dipulangkan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya