Comscore Tracker

[BREAKING] Gempa M 6,2 di Blitar Terasa Hingga Pacitan

Gempa ini tidak berpotensi tsunami

Jakarta, IDN Times - Gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5/2021) pukul 19.09 WIB, dirasakan hingga Malang dan sejumlah daerah lain di Jawa Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa di Blitar dirasakan di Karangkates, Sawahan, Ngajuk, Lumajang, Tulungagung, Malang dengan intensitas IV MMI (Modified Mercalli Intensity). Atau dirasakan banyak orang di dalam dan luar rumah, dan bisa memecahkan gerabah, jendela/pintu berderik serta dinding berbunyi.

Kemudian di Pasuruan, Ponorogo, Mataram, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Pacitan, Kuta, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat, Ngawi, Tabanan III MMI. Atau getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah dan getaran seakan-akan ada truk melintas.

Selain itu, gempa ini juga terasa di Magelang, Cilacap, Pasuruan, Wonogiri, Klaten, Lombok Tengah, Surabaya, Purworejo, Karangasem dengan intensitas II MMI. Intensitas pada level ini getaran gempa dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kendati, BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam laporannya.

Pusat gempa tersebut berada di kedalaman 110 km, 8.63 Lintang Selatan dan 112.34 Bujur Timur, atau berada di 57 km Tenggara Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Skala Richter Hingga Arti Skala MMI Gempa Bumi

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya