[BREAKING] Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu Tipis

Status Gunung Merapi ditetapkan Waspada

Jakarta, IDN Times - Gunung Merapi yang meletus pada Minggu (17/11) pukul 10.46 WIB mengakibatkan hujan abu tipis di sebagian wilayah Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

"Terjadi letusan Pk.10.46 tinggi kolom asap 1000 meter ke arah barat dan mengakibatkan hujan abu tipis di sebagian wilayah Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun," tulis Yulianto, pegawai Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Kementerian ESDM, Minggu.

Hasil pengamatan secara visual sejak pukul 06.00 hingga 12.00 WIB, Gunung Merapi terlihat jelas hingga kabut 0-I. Namun, asap kawah tidak teramati. Semenatra, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi dalam akun Twitternya mencatat letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 70 mm dan durasi 155 detik. Teramati kolom letusan setinggi ±1000 m. Angin bertiup ke Barat," demikian tulis @BPPTKG.

Status Gunung Merapi telah ditetapkan Waspada sejak 21 Mei 2018.

Gunung stinggi 2968 MDPL itu berada di antara kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Boyolali, Klaten dan juga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Merapi Meletus, Kolom Letusan Setinggi 1 KM

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya