[BREAKING] Sinabung Erupsi Lagi, Semburan Kolom Abu Makin Tinggi

Gunung Sinabung masih Level III atau Siaga

Jakarta, IDN Times - Gunung Sinabung di Sumatra Utara, kembali erupsi pada Kamis (13/8/2020) pukul 08.31 WIB, setelah pukul 06.07 WIB mengalami kejadian yang sama. Pagi tadi, semburan kolom abu mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut.

"Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sumatra Utara pada 13 Agustus 2020 pukul 08.31 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut)," demikian keterangan tertulis dari Badan Geologi yang disiarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis.

Dalam laporan tersebut disebut kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat, dengan intensitas sedang hingga tebal, condong ke arah timur dan tenggara.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi ± 17 menit 15 detik," tulis keterangan tertulis Badan Geologi.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada Status Level III atau Siaga. Badan Geologi mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan, agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat juga diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Serta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," imbau Badan Geologi.

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Sinabung Erupsi Semburkan Kolom Abu 1.000 Meter

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya