Buka Konvensi untuk Pilkada 2020, PSI Sudah Terima 120 Orang

Pendaftaran konvensi dibuka hingga 30 November 2019

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 120 orang telah mendaftar kandidat peserta konvensi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Peminatnya menggembirakan. Untuk pemilihan wali kota atau wakil wali kota Tangerang Selatan, misalnya, ada 27 orang yang mendaftar. Untuk pemilihan wali kota atau wakil wali kota Surabaya ada 18 pendaftar,” kata Ketua Panitia Konvensi Isyana Bagoes Oka, dalam keterangan tertulis, Senin (11/11).

Baca Juga: Ini Alasan Perludem Minta Pilkada DKI Jakarta Digelar 2022

1. Ada 120 orang yang mendaftar sebagai kandidat konvensi Pilkada 2020

Buka Konvensi untuk Pilkada 2020, PSI Sudah Terima 120 Orang(Ilustrasi) IDN Times/Fadli Syahputra

Isyana menyebutkan total ada 120 bakal kandidat yang telah mendaftar konvensi, baik untuk Pilwalkot, Pilbup, maupun Pilgub. Pendaftaran konvensi akan ditutup pada 30 November 2019.

Menurut Isyana, konvensi melibatkan tokoh masyarakat, pakar tata kota atau manajemen, dan ikon anak muda kreatif sebagai panelis. Panelis lain berasal dari DPP PSI.

“Panelis luar dihadirkan karena PSI menginginkan calon terbaik yang muncul. Juga untuk menjaga objektivitas. Kalau sekadar dekat dengan DPP, tak akan bisa lolos menjadi kandidat,” kata dia.

2. Siapa saja boleh mendaftarkan diri sebagai peserta konvensi

Buka Konvensi untuk Pilkada 2020, PSI Sudah Terima 120 Orang(Ilustrasi) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Isyana mengajak masyarakat yang berniat menjadi calon kandidat Pilkada 2020, untuk segera mendaftar konvensi ke PSI.

“Siapa pun boleh mendaftarkan diri. Bagi mereka yang dinyatakan lolos dalam konvensi ini akan mendapatkan dukungan resmi, dan PSI tidak akan meminta mahar satu rupiah pun,” kata ketua DPP PSI itu.

3. Tahapan pendaftaran menjadi peserta konvensi

Buka Konvensi untuk Pilkada 2020, PSI Sudah Terima 120 Orang(Ilustrasi) Pexels.com/Brucemars

Isyana memaparkan proses konvensi terdiri dari pendaftaran, seleksi administrasi, masukan publik, survei kuantitatif, dan wawancara oleh panel juri independen.

Sementara, untuk pendaftaran offline, calon peserta bisa datang langsung ke kantor DPW atau DPD PSI terdekat. Sedangkan untuk pendaftaran online, calon peserta bisa mengunjungi laman www.psi.id/daftarpilkada2020.

Baca Juga: Digelar 23 September, Ini Daftar 270 Daerah Peserta Pilkada 2020

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya