Buruan Daftar! Pemerintah Buka 7.080 Formasi di Sekolah Kedinasan 2022

Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai sejak 9 April 2022

Jakarta, IDN Times - Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Alex Denni, mengatakan terdapat 7.080 formasi yang tersedia di sekolah kedinasan pada seleksi 2022.

“Sebelum mendaftar, pastikan pelamar mencermati dan memahami setiap syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah. Jangan sampai gagal di tahap pendaftaran hanya karena kurang teliti,” ujar Alex dilansir ANTARA, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga: Ini Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2022, Buka 9 April

1. Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai sejak Sabtu, 9 April 2022

Buruan Daftar! Pemerintah Buka 7.080 Formasi di Sekolah Kedinasan 2022Ilustrasi sekolah kedinasan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Alex mengingatkan kepada setiap pelamar agar dapat menyiapkan diri semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan memahami alur seleksi sekolah kedinasan serta syarat dan ketentuan.

Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai pada Sabtu, 9 April 2022 pukul 09.22 WIB, melalui portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/.

Sama seperti tahun sebelumnya, pelamar hanya dapat mendaftar pada satu dari 30 sekolah yang tersedia.

2. Informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan

Buruan Daftar! Pemerintah Buka 7.080 Formasi di Sekolah Kedinasan 2022Ilustrasi sekolah kedinasan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Alex menyampaikan peserta dapat mempelajari ketentuan mengenai seleksi sekolah kedinasan yang tertera pada PermenPANRB No. 20/2021, tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

Sedangkan, informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan, dapat dilihat di laman https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi.

Baca Juga: Siapkan Persyaratan, Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 Dibuka Hari Ini

3. Pendaftaran terakhir pada Sabtu, 30 April 2022

Buruan Daftar! Pemerintah Buka 7.080 Formasi di Sekolah Kedinasan 2022Ilustrasi sekolah kedinasan (ANTARA FOTO)

Terkait dengan tata cara serta prosedur pendaftaran, pelamar dapat membaca Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022 yang tersedia di portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan. Pelamar juga dapat mencermati pertanyaan yang sering diajukan pada menu FAQ.

Pelamar memiliki waktu 22 hari untuk melakukan proses pendaftaran. Pelamar dapat mengirimkan pendaftaran terakhir pada Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

4. Lulusan sekolah kedinasan akan disebar sesuai kebutuhan pemerintah

Buruan Daftar! Pemerintah Buka 7.080 Formasi di Sekolah Kedinasan 2022instagram/pknstan

Sebanyak 30 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran pada tahun ini berada di bawah naungan delapan instansi. Sama seperti tahun lalu, instansi tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Badan Intelijen Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara, dan Kementerian Perhubungan.

Alex mengatakan nantinya tidak semua lulusan sekolah kedinasan akan mengabdi sebagai PNS di instansi yang menaungi sekolah kedinasannya. Bagi lulusan sekolah kedinasan yang berasal dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Perhubungan, akan disebar ke kementerian dan lembaga lainnya serta pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan.

“Sebagai ASN, diharapkan bagi lulusan sekolah kedinasan harus siap mengabdi untuk melayani dan ditempatkan di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan,” terang Alex.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya