Depok Macet Parah Usai Dihantam Puting Beliung

Puting beliung sebabkan lebih dari 10 pohon tumbang di Depok

Jakarta, IDN Times - Hujan deras disertai angin puting beliung yang menghantam Kota Depok, Jawa Barat, sejak Selasa (21/9/2021) sore, mengakibatkan kerusakan bangunan dan kendaraan. Bahkan terjadi kemacetan parah karena sejumlah jalan terhalang pohon tumbang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, pihaknya mengerahkan tujuh tim untuk mengevakuasi sejumlah pohon tumbang yang sempat menghalangi arus lalu lintas.

Baca Juga: Kantor KPU Kota Depok Tertimpa Pohon Tumbang akibat Puting Beliung

1. Satu kendaraan roda empat dan sejumlah kendaraan roda dua rusak

Depok Macet Parah Usai Dihantam Puting BeliungIlustrasi pohon tumbang dan menimpa rumah. (Dok. BPBD Purbalingga)

Gandara menjelaskan ada lebih dari 10 pohon tumbang yang tersebar di sejumlah wilayah Kota Depok. Sedangkan, bangunan yang rusak ada sekitar tiga unit, kendaraan roda empat satu unit, dan sejumlah sepeda motor rusak akibat tertimpa atap bangunan runtuh.

"Hingga saat ini laporan yang masuk tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," kata dia dilansir ANTARA, Selasa (21/9/2021).

2. Pohon tumbang sebabkan kemacetan parah

Depok Macet Parah Usai Dihantam Puting BeliungIlustrasi kemacetan. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kota Depok sejak Selasa (21/9/2021) pukul 15.00 hingga 18.00 WIB. Akibat kejadian ini, lebih dari 10 pohon tumbang seperti di Jalan KSU, di kawasan BBM Cilodong, Jalan Pemuda, Jalan Nusantara, dan Jalan Cagar Alam.

Lalu lintas di sejumlah ruas jalan seperti Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, Jalan Arif Rahman Hakim, dan Jalan Margonda mengalami macet total karena arus lalu lintas terhalang pohon tumbang dan rating yang berserakan.

Kondisi kemacetan juga diunggah beberapa warganet di Twitter. Seperti pemilik akun @nindiwwww yang mengunggah foto kemacetan di sekitar Jalan Margonda Raya.

"Friendly City banget ya Depok," cuit dia.

Tak hanya foto kondisi di Depok, warganet juga mengunggah video detik-detik saat angin puting beliung menerjang Depok. Seperti diunggah pemilik akun Twitter @Zain_Fata.

"Hujan badai disertai angin kencang baru saja melanda kota Depok," cuit dia.

3. Tim Damkar dibantu dinas lain untuk bersihkan puing dan pohon tumbang

Depok Macet Parah Usai Dihantam Puting BeliungIlustrasi petugas Damkar (Dok Damkar Bojonegoro)

Selain tim dari Damkar Depok, Gandara mengatakan, juga diterjunkan tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk membantu membersihkan puing-puing dan memindahkan pohon tumbang.

Gandara menyebutkan bencana alam ini merusak sepeda motor dan mobil di Ruko Saladin Square di Jalan Margonda yang sedang terparkir, karena tertimpa papan reklame yang roboh dan reruntuhan atap yang jatuh terkena angin kencang.

Baca Juga: Hujan Deras Disertai Puting Beliung Terjang Depok, 10 Pohon Tumbang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya