Dominggus Tak Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Hari Ini

Ada lima penjabat gubernur bakal dilantik hari ini

Jakarta, IDN Times - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengatakan tidak akan menghadiri acara pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat pada Kamis (12/5/2022) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta.

Dilansir ANTARA, Rabu (11/5/2022) malam, Dominggus mengaku baru menerima surat undangan pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat pada Rabu siang.

Baca Juga: Mendagri Tito Besok Lantik 5 Pejabat Sementara Gubernur

1. Alasan Dominggus tak hadiri pelantikan penjabat gubernur Papua Barat

Dominggus Tak Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Hari IniGubernur Papua Barat Dominggus Mandacan (Dok.Humas Papua Papua Barat)

Dominggus menjelaskan saat surat undangan dari Kemendagri itu tiba di Rumah Dinas Gubernur Papua Barat, ia sudah pergi menghadiri acara Peresmian Masjid Prafi, dan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bupati Manokwari Selatan.

"Undangan diterima sudah siang hari dan sudah ke luar dari rumah, sementara saya sudah diagendakan bertemu dengan masyarakat," jelasnya.

2. Pesawat Manokwari-Jakarta tiba pada siang hari

Dominggus Tak Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Hari IniBandar Udara Rendani Manokwari (Dok.Kementerian Perhubungan)

Dominggus yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Kamis (12/5/2022) bersama Wagub Mohamad Lakotani, enggan menggunakan penerbangan dari Manokwari ke Jakarta pada Kamis pagi untuk menghadiri acara pelantikan tersebut.

Sebab, kata dia, pesawat rute Manokwari-Jakarta tiba di Jakarta pada siang hari, sementara proses pelantikan penjabat Gubernur Papua Barat akan berlangsung pada Kamis pagi.

"Kalau berangkat besok pagi menggunakan Batik Air pukul 09.00 pagi WIT dari Manokwari, tiba di Jakarta pukul 13.00 WIB, sementara acara di Kemendagri pukul 09.00 WIB," ujar mantan Bupati Manokwari dua periode itu.

Baca Juga: KPK Ungkap Celah Korupsi Pengisian Penjabat 272 Kepala Daerah

3. Dominggus akan jemput penjabat Gubernur Papua Barat saat datang ke Manokwari

Dominggus Tak Hadiri Pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat Hari IniGubernur Papua Barat Dominggus Mandacan [tengah]. (ANTARA/Toyiban)

Meski tidak dapat menghadiri acara pelantikan penjabat Gubernur Papua Barat, menurutnya, Wagub Mohamad Lakotani bersama Sekda Papua Barat Nathaniel Mandacan yang saat ini berada di Jakarta, dipastikan akan menghadiri acara tersebut.

Dominggus juga akan menjemput penjabat Gubernur Papua Barat saat datang ke Manokwari beberapa hari ke depan, setelah secara resmi dilantik di Jakarta.

Diketahui, sebelumnya beredar kabar bahwa penjabat Gubernur Papua Barat bakal diisi Komjen (Purn) Paulus Waterpauw. Selain Waterpauw, ada empat nama yang disebut-sebut bakal mengisi kursi gubernur, antara lain Sekda Al Muktabar menjadi penjabat gubernur di Banten, Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Jamaludin mengisi penjabat gubernur di Bangka Belitung.

Lalu, ada pula Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, yang mengisi posisi penjabat gubernur di Sulawesi Barat, dan Staf Ahli bidang Budaya Sportivitas Menpora Hamka Hendra Noer yang mengisi posisi penjabat gubernur di Gorontalo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya