Comscore Tracker

Dongkrak Ganjal Gas Diduga Penyebab Kecelakaan Transjakarta di PGC

Bus Transjakarta di PGC menabrak pos polisi

Jakarta, IDN Times - Kecelakaan bus Transjakarta di depan PGC, Cililitan, Jakarta Timur, diduga akibat kelalaian pengemudi bus. Dongkrak menggelinding hingga mengganjal pedal gas, disebut-sebut jadi penyebab bus menabrak pos polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan kecelakaan lalu lintas itu terjadi saat bus Transjakarta NRKB B-7069-PGA yang dikemudikan PA, melaju dari arah utara menuju arah selatan di Jalan Mayjend Suyoto arah utara, depan PGC Jakarta Timur.

Baca Juga: Begini Kronologi Kecelakaan Transjakarta di PGC Cililitan

1. Dongkrak diduga menjadi penyebab kecelakaan

Dongkrak Ganjal Gas Diduga Penyebab Kecelakaan Transjakarta di PGCBus Transjakarta menabrak Pos Lantas PGC Jaktim pada Kamis (2/12/2021). (instagram.com/tmcpoldametro)

Zulpan menjelaskan dugaan sementara penyebab terjadinya kecelakaan yang diperoleh dari keterangan saksi, dongkrak yang berada di bawah jok pengemudi menggelinding hingga mengenai pedal gas, dan diduga pengemudi bus Transjakarta NRKB B-7069-PGA kurang hati-hati dan kurang konsentrasi.

“Saat ini belum ada yg dijadikan tersangka karena penyidik masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi, serta mendalami penyidikan peristiwa kecelakaan tersebut,” katanya, dalam keterangan, Sabtu (4/12/2021).

2. Pengemudi diduga kurang berhati-hati dan kurang konsentrasi

Dongkrak Ganjal Gas Diduga Penyebab Kecelakaan Transjakarta di PGCBus Transjakarta menabrak Pos Lantas PGC Jaktim pada Kamis (2/12/2021). (instagram.com/tmcpoldametro)

Zulpan memaparkan kronologi kejadian kecelakaan itu. Semula, bus Transjakarta NRKB B-7069-PGA yang dikemudikan PA, melaju dari arah utara menuju arah selatan di Jalan Mayjend Suyoto arah utara, depan PGC Jakarta Timur.

Sesampainya di depan PGC, bus yang melakukan putar balik ke arah utara diduga pengemudi kurang berhati-hati dan kurang konsentrasi sehingga oleng ke kanan.

“Hingga menyerempet petugas busway atas nama saudari PS yang sedang mengatur di jalur busway. Kemudian kendaraan bus Transjakarta NRKB B-7069-PGA menabrak poslantas yang berada di kanan jalan,” tutur Zulpan.

3. Polisi telah memeriksa dua saksi

Dongkrak Ganjal Gas Diduga Penyebab Kecelakaan Transjakarta di PGCIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Rochmanudin)

Zulpan menambahkan, akibat kecelakaan tersebut, bus Transjakarta mengalami kerusakan dan pos lantas hancur hingga roboh. Selain itu, petugas busway terluka hingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Polri untuk mendapatkan perawatan.

“Rencana tindak lanjut dari penyidik laka lantas, yaitu penyidik telah melakukan pemeriksaan kepada saksi-saksi sebanyak dua orang,” tutur dia.

Baca Juga: 1 Orang Terluka Dalam Kecelakaan Transjakarta di PGC Cililitan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya