Ganjil Genap Bakal Berlaku di Puncak Bogor hingga Cianjur

Bupati Bogor dan kepolisian hari ini bahas ganjil genap

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat mengkaji perluasan uji coba pembatasan arus lalu lintas berbasis pelat nomor ganjil-genap di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, hingga ke perbatasan Cianjur.

"Kalau memang ada kemacetan dari Cianjur ke Bogor, kita terapkan juga dengan pola (ganjil-genap) yang sama," kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat, Brigjen Polisi Eddy Sumitro Tambunan saat meninjau uji coba ganjil-genap di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor, dilansir ANTARA, Sabtu, 4 September 2021.

Baca Juga: Polisi Terapkan 2 Sanksi Pelanggar Ganjil-Genap di Jakarta

1. Polres Bogor bahas ganjil genap dengan Bupati Bogor hari ini

Ganjil Genap Bakal Berlaku di Puncak Bogor hingga CianjurSejumlah kendaraan berhenti di lampu merah Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/12/2020). Arus lalu lintas di jalur wisata Puncak normal saat libur Natal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Eddy mengatakan sejauh ini kepolisian baru konsentrasi menekan volume kendaraan di wilayah selatan Kabupaten Bogor itu dari arah Jakarta, melalui tujuh titik pengawasan ganjil-genap. Sementara, hingga kini kendaraan dengan pelat nomor ganjil maupun genap dari arah Cianjur masih bebas memasuki Jalur Puncak.

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan hari ini, Minggu (5/9/2021) pihaknya melakukan pertemuan dengan Polres Cianjur, membahas rencana perluasan uji coba ganjil-genap.

"Besok pagi (hari ini), bersama Ibu Bupati Bogor juga kita adakan rapat bersama Polres Cianjur," kata Harun.

2. Tujuh titik pemeriksaan ganjil-genap di Jalur Puncak Bogor

Ganjil Genap Bakal Berlaku di Puncak Bogor hingga CianjurJalur Puncak Bogor macet parah di musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kemacetan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Adapun tujuh titik pemeriksaan ganjil-genap di Jalur Puncak Bogor, yaitu pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan dan dua lokasi di Kawasan Sentul.

Pada uji coba ganjil-genap tersebut, setiap kendaraan pribadi yang berpelat nomor tidak sesuai angka genap atau ganjil pada tanggal itu, pengemudi akan diminta berputar arah.

3. Ada tujuh jenis kendaraan bebas ganjil genap

Ganjil Genap Bakal Berlaku di Puncak Bogor hingga CianjurIlustrasi ambulans (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Ada sejumlah jenis kendaraan yang masuk dalam kategori pengecualian penerapan ganjil-genap di Puncak Bogor, yaitu armada pemadam kebakaran, ambulans, tenaga medis, kendaraan dinas TNI-Polri, angkutan umum, angkutan daring (online), serta angkutan logistik.

Baca Juga: Pemkab Bogor Uji Coba Ganjil Genap di Kawasan Puncak Setiap Weekend

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya