Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 2 Km

Enam wilayah diimbau waspada guguran lava dan awan panas

Jakarta, IDN Times - Gunung Merapi yang berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan awan panas guguran, dengan jarak luncur sejauh 2.000 meter (2 km) ke arah barat daya pada Kamis (29/4/2021) malam.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida melalui keterangan tertulisnya menyebutkan, awan panas guguran itu terjadi pada pukul 21.12 WIB.

"Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 34 mm dan durasi 120 detik," kata Hanik.

Baca Juga: Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Boyolali Dihujani Abu Vulkanik

1. Status Gunung Merapi pada level III atau Siaga

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 2 KmANTARA FOTO/Rizky Tulus

Pada periode pengamatan pukul 12.00 sampai 18.00 WIB, gunung api aktif itu juga tercatat mengalami 26 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-62 mm selama 8 sampai 86 detik, dan satu kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3-6 mm selama 8 sampai 12 detik.

Seperti dilansir ANTARA, hingga kini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.

2. Enam wilayah diimbau waspada guguran lava dan awan panas

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 2 KmGunung Merapi. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

3. Merapi mengeluarkan awan panas guguran pada 23 April 2021

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 2 KmGunung Merapi (ANTARA FOTO/Rudi/hn/pd)

Merapi juga bergejolak Jumat, 23 April 2021, dengan mengeluarkan awan panas guguran. Akibatnya, warga Boyolali, Jawa Tengah, dihujani abu vulkanik dampak Merapi.

Menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, jarak luncur awan panas Merapi mencapai 2.000 meter.

Hanik menjelaskan, luncuran awan panas guguran sejauh 2.000 meter tersebut teramati pada pukul 11.20 WIB. Menurutnya, pihaknya juga mencatat tinggi kolom awan panas 300 meter di atas puncak Merapi.

"Tercatat di seismogram dengan amplitudo 55 mm dan durasi 145 detik. Jarak luncur 2.000 m ke arah barat daya. Angin bertiup ke timur, teramati tinggi kolom 300 m di atas puncak," ungkapnya, Jumat.

Baca Juga: Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Boyolali Dihujani Abu Vulkanik

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya