Hasil Polling: Prabowo-Sandi Menang Tipis dari Jokowi-Ma'ruf

Hasil survei LSI Denny JA Jokowi-Ma'ruf justru menang telak

Jakarta, IDN Times - Jelang Pilpres 2019, beberapa survei mulai dilakukan untuk meramal pasangan capres dan cawapres yang bakal menang. Seperti survei yang dilakukan kumparan.com baru-baru ini.

Hasil polling tersebut menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang tipis dari pesaingnya, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin. 

1. Prabowo-Sandiaga hanya unggul 3 persen

Hasil Polling: Prabowo-Sandi Menang Tipis dari Jokowi-Ma'rufANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Berdasarkan analisis polling Kumparan, Prabowo-Sandiaga hanya unggul 3 persen. Prabowo-Sandi mendapat 51,5 persen suara (95 persen density interval 0.504-0.525), sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapat 48,5 persen suara (95 persen density interval 0.475-0.496). 

Sedangkan, jumlah total suara polling online 27.668, dengan total suara sah yang masuk 7.766. Hasil polling ini menunjukkan persaingan Pilpres cukup ketat, di mana kemenangan kandidat terlihat sangat tipis.

Baca Juga: PDIP Yakin Ma'ruf Amin Bisa Gandeng Rizieq Shihab ke Koalisi Jokowi

2. Suara mengambang akan menentukan pemenang Pilpres 2019

Hasil Polling: Prabowo-Sandi Menang Tipis dari Jokowi-Ma'rufSumber: portalmakassar.com

Dari hasil polling tersebut, swing voters atau pemilih mengambang akan memerankan peranan yang signifikan dalam Pilpres 2019. Suara golput saat ini sekitar 7 persen dari total suara. 

Karena itu, arah suara yang saat ini masih golput atau mengambang akan sangat berarti, karena suara mereka dapat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang pada Pilpres 2019.

3. Survei LSI Denny JA pasangan Jokowi-Ma'ruf menang telak

Hasil Polling: Prabowo-Sandi Menang Tipis dari Jokowi-Ma'rufIDN Times/Indiana Malia

Berbeda dengan survei LSI Denny JA, pasangan Jokowi-Ma'ruf telah mencapai the magic number alias menang telak dari pasangan Prabowo-Sandiaga.

Ketika para responden ditanya calon presiden dan calon wakil presiden, yang akan mereka pilih jika Pilpres 2019 diadakan saat survei, hasilnya sekitar 52.2 persen responden menjawab Jokowi-Ma'ruf, dan sekitar 29,5 persen memilih Prabowo-Sandi. Sedangkan, 18.3 persen sisanya merahasiakan atau bahkan belum bisa memutuskan.

Survei ini membahas enam segmen, yakni pemilih muslim, nonmuslim, wong cilik, perempuan, dan kaum terpelajar serta kaum millennials. Total ada sekitar lima kantong suara yang dimenangkan Jokowi-Ma'ruf dan berhasil membawa pasangan ini menjadi sangat dominan.

Pasangan Prabowo-Sandiaga hanya mendapat satu kantong suara dari segmen pemilih kaum terpelajar. Jokowi kalah dalam segmen pemilih kaum ini, dengan perbandingan satu digit, Prabowo-Sandi mendapat angka 44,5 persen sedangkan Jokowi-Ma'ruf berada di angka 40,4 persen, sedangkan sisanya sekitar 15,1 persen belum memutuskan haluannya.

Kalau kamu pilih pasangan mana guys, jika Pilpres dilakukan hari ini?

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berhasil Gaet Hati Emak-Emak

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya