Ini Alasan Kamu Harus Memakai SEO saat Mengunggah Konten

Pengguna mobile lebih banyak dari desktop

Jakarta, IDN Times - Search Engine Optimization (SEO) Conference Jakarta 2019 atau lebih dikenal SEOCON 2019 hari ini digelar di Balai Kartini, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri ratusan praktisi dari berbagai perusahaan yang bertanggung jawab terhadap SEO.

Lantas seberapa penting dan kenapa kita harus menggunakan SEO untuk konten-konten dalam sebuah platform?

1. Kenapa sebuah konten harus menggunakan SEO?

Ini Alasan Kamu Harus Memakai SEO saat Mengunggah KontenIDN Times/Rochmanudin

Komisioner Konsultan Grovh Nur Anasta Rahmat yang menjadi salah satu pembicara dalam acara ini memaparkan, alasan kita harus menggunakan SEO dalam sebuah konten.

"Kenapa sih kita harus menggunakan SEO? Menurut saya selama bisnis Anda menggunakan dot com, website, kita harus menggunakan SEO, dan itu harus digunakan sekarang, jangan nanti," ujar pria yang akrab disapa Mbah Anas itu, Rabu (13/3).

Baca Juga: Produk Gagal Google, 7 Karya Mereka Ini Berakhir Ditutup dan Dilupakan

2. Google akan mencari informasi dengan sumber tercepat

Ini Alasan Kamu Harus Memakai SEO saat Mengunggah KontenIDN Times/Rochmanudin

Alasan kedua kenapa kita harus memakai SEO, karena mesin pencari Google akan mencari informasi yang tercepat. Karena Google selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan tercepat.

"Sejak 2012 Google berusaha memberikan informasi dari sumber yang tercepat. Google hanya melayani user untuk mencari informasi yang lebih cepat, informasi apa yang kita butuhkan," kata Anas.

Dia mencontohkan bagaimana seorang user mencari informasi di Google. Ketika user harus menunggu lama, maka dia akan menutup sumber informasi tersebut, dan mencari sumber lain.

"Ada gak kira-kira yang sampai menunggu sampai 10 detik? Kalau lebih dari tiga detik, Google akan mencari sumber lain. Berarti sistem kita ada yang error," kata dia.

"Makanya kalau kita search-nya lama, kita akan close the tab. Semua yang ada halaman utama Google itu memiliki kecepatan tinggi. Jadi Google benar-benar men-serve buat kita," ucap dia.

3. Pengguna internet lebih banyak di mobile

Ini Alasan Kamu Harus Memakai SEO saat Mengunggah KontenIDN Times/Rochmanudin

Selain SEO, Anas menganjurkan cara lain untuk menunjang kecepatan dalam sebuah sistem, yakni Accelerated Mobile Page (AMP). Muncul sekitar 2016, AMP merupakan sebuah program open-source dari Google yang dibuat untuk memberikan mobile internet yang lebih cepat dan lebih baik.

Tujuan dibuatnya halaman website versi ini adalah memberikan halaman website yang memang sudah dioptimasi agar loading lebih cepat di sistem mobile. Halaman ini memiliki waktu loading lebih cepat dibanding desktop atau halaman website biasa.

Menurut Anas hasil traffic pemakaian AMP berbeda jauh dengan tanpa penggunaan AMP. Angkanya bisa 10 kali lipat lebih banyak dari yang tidak menggunakan AMP.

"Pemakai mobile 90 persen, lebih banyak dari dekstop," ucap dia.

Namun, kata Anas, para praktisi terkadang lupa dengan kesalahan pada sistem mobile. Mereka menganggap sistem tidak ada yang salah, karena yang muncul di Google hanya desktop.

"Padahal perbandingan gangguan ada di desktop 45, sedangkan di mobile 191," kata dia.

Memilih menggunakan AMP atau bukan, kata Anas, tergantung arah tujuan kita mau kemana? Karena itu bukan menjadi ranah Google. Google hanya akan mencari informasi dari sumber yang tercepat.

4. SEOCON 2019 menghadirkan 12 SEO expert

Ini Alasan Kamu Harus Memakai SEO saat Mengunggah KontenIDN Times/Rochmanudin

SEOCON 2019 adalah sebuah konferensi berskala internasional pertama di Indonesia, yang membahas tentang penggunaan SEO. SEOCON 2019 menghadirkan 12 SEO Expert yang akan berbagi pengetahuan praktis mereka tentang SEO, dan pengaplikasian ilmu mereka untuk mendatangkan ribuan hingga jutaan pengunjung setiap bulannya melalui penggunaan mesin pencarian.

Praktisi SEO atau lebih dikenal optimizer adalah mereka yang bertanggung-jawab atas pertumbuhan traffic pada aplikasi dan beberapa website perusahaan terkemuka dan unicorns di Indonesia. Mulai dari Google,Traveloka, Go-Jek, BukaLapak, Tokopedia, dan RupaRupa.

Acara yang berlangsung pada 13-14 Maret 2019 di Balai Kartini, Jakarta Pusat, mulai pukul 09.00-17.00 ini paling ditunggu-tunggu bagi praktisi SEO.

Baca Juga: Gmail dan Google Drive Error, Hampir Seluruh Penjuru Dunia Bermasalah!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya