Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono

Presiden Jokowi akan memimpin pemakaman

Jakarta, IDN Times - Janazah Ibu Negara 2004-2014 Kristiani Herrawati Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6) sore.

Upacara pemakaman akan dilakukan mulai di kediaman Cikeas, Bogor dan dilanjutkan ke tempat persemayaman di TMP Kalibata.

1. Proses upacara pemakaman dilakukan mulai dari kediaman di Cikeas

Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times/Uni Lubis

Proses pemakaman Ani akan dulakukan sejak dari kediaman di Cikeas usai salat zuhur, dan dilanjutkan ke TM Kalibata.

"Pukul 13.30 WIB upacara persemayaman jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, dilanjutkan dengan perjalanan menuju TMP Kalibata," ujar Kepala Staf Komunikasi The Yudhoyono Institute Ni Luh Putu Caosa Indryani dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/6).

Baca Juga: Khofifah Kenang Keromantisan Ani Yudhoyono pada SBY

2. Jenazah Ibu Ani akan disemayamkan di Pendopo Cikeas pagi ini

Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times/Uni Lubis

Indryani menyebutkan Minggu pukul 08.00 WIB, jenazah akan disemayamkan di Pendopo Cikeas, untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir.

"Pukul 12.00 WIB salat zuhur berjamaah dilanjutkan salat jenazah di Pendopo Cikeas," ujar dia.

3. Rute perjalanan menuju pemakaman di TMP Kalibata

Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times/Uni Lubis

Indryani memaparkan rute perjalanan rombongan jenazah Ani mulai dari kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu dan berakhir di TMP Kalibata.

4. Ani Yudhoyono wafat pada Sabtu pukul 11.50 WIB

Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times/Uni Lubis

Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo atau akrab disapa Ani Yudhoyono, Ibu Negara periode 2004-2014, meninggal di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu (1/6) pukul 11.50 WIB pada usia 66 tahun.

Pada Sabtu malam, jenazah dibawa dari Singapura menggunakan pesawat angkut Hercules bernomor C-130 menuju Indonesia. Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam, jenazah tiba di Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 22.00 WIB.

Di Pesawat Hercules, jenazah didampingi Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Sesaat setelah mendarat, jenazah Ani disambut dengan upacara militer dari Pasukan TNI Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Kopassus.

Setelah penyambutan berlangsung sekitar 20 menit di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, jenazah langsung dibawa dengan mobil ambulans menuju rumah duka di Cikeas, Bogor.

5. Ani meninggal akibat kanker darah

Ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ani YudhoyonoIDN Times/Uni Lubis

Ani pertama kali dirawat karena kanker darah pada 2 Februari 2019. Selama menjalani perawatan, Ani selalu didampingi SBY, anak serta menantunya.

Ani sudah beberapa kali menjalani tindakan medis, salah satunya transplantasi sumsum tulang belakang yang didonorkan adiknya, yakni Pramono Edhie Wibowo. Ani juga sempat mendapat perawatan intensif di ICU beberapa hari usai operasi.

Baca Juga: SBY Ungkap Detik-detik Terakhir Jelang Ani Yudhoyono Wafat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya