Ini Sederet Persiapan TNI untuk Bantuan ke Gaza

Panglima TNI siapkan 1.394 prajurit TNI untuk Gaza

Intinya Sih...

  • Panglima TNI menyiapkan 1.394 prajurit TNI untuk misi perdamaian di Gaza. TNI menyiapkan pasukan medis, pembangunan infrastruktur, dan pengamanan. Selain itu, bantuan lanjutan berupa KRI rumah sakit apung, alutsista tambahan, dan logistik akan dikirim jika gencatan senjata tercapai.

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Kristomei Sianturi, mengatakan pihaknya menyiapkan pasukan untuk memenuhi kebutuhan Mabes TNI dalam misi perdamaian di Gaza.

"Mabes akan meminta dari setiap mabes angkatan, apa yang dikirimkan. Di situlah kami akan menyesuaikan apa yang dibutuhkan," kata Kristomei di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

1. Tiga tim pasukan TNI sudah disiapkan untuk Gaza

Ini Sederet Persiapan TNI untuk Bantuan ke GazaIlustrasi - HUT ke-78 TNI AU di Lapangan Dirgantara AAU, Bantul, DIY, Senin (21/4/2024) pagi. (Dok. istimewa)

Kristomei menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan pasukan untuk memenuhi beberapa kebutuhan di Gaza, di antaranya pasukan medis, pasukan untuk membangun infrastruktur, dan pasukan pengamanan.

Dia menegaskan TNI juga telah menyiapkan beragam alat utama sistem senjata (alutsista), untuk dikirimkan ke Gaza guna memenuhi kebutuhan misi perdamaian. Meski demikian, Kristomei tidak memerinci berapa jumlah alutsista dan pasukan TNI AD yang disiapkan.

"Intinya pemerintah menyatakan siap membantu. Maka kami pastikan kami siap, tinggal tunggu perintah dari Mabes TNI," kata dia.

Baca Juga: RS Indonesia di Gaza Utara Kembali Beroperasi

2. Panglima TNI siapkan 1.394 prajurit TNI untuk Gaza

Ini Sederet Persiapan TNI untuk Bantuan ke Gazailustrasi TNI yang terlibat aktif dalam pembangunan (dok. TNI AD)

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sudah menyiapkan 1.394 personel pasukan perdamaian untuk melaksanakan misi perdamaian di Gaza.

Pasukan tersebut akan bertugas di bidang pengamanan, pembangunan fasilitas umum, hingga tenaga medis.

Baca Juga: Prabowo Mau Evakuasi Seribu Anak di Gaza, Pakar: Bukan Omon-omon

3. TNI juga siapkan rumah sakit apung dan logistik

Ini Sederet Persiapan TNI untuk Bantuan ke GazaPrajurit TNI Angkatan Laut (AL) ketika berlatih bersama AL Amerika Serikat (AS) di perairan Lampung pada 12 Mei-20 Mei 2024. (Dokumentasi TNI AL)

Tidak hanya itu, TNI juga telah menyiapkan bantuan lanjutan untuk dikirimkan ke Gaza, berupa KRI yang akan menjadi rumah sakit apung, alutsista tambahan, hingga bantuan logistik.

Agus memastikan bantuan tersebut akan dikirimkan jika gencatan senjata tercapai di Gaza, dan TNI mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya