Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana Desa

Anggaran Dana Desa terus naik setiap tahun

Palembang, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengingatkan Program Dana Desa harus meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, seiring dengan meningkatnya perputaran uang di wilayah pedesaan.  

"Keinginan kita, semakin banyak perputaran uang yang ada di desa, kesejahteraan masyarakat desa akan meningkat pesat. Ini teori ekonominya seperti itu," ucap Presiden Jokowi ketika memberikan sambutan pada Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 di Palembang Sport and Convention Center, Sumatera Selatan, Minggu (25/11). 

Baca Juga: Diklaim Berhasil, Jokowi Usulkan Kenaikan Dana Desa 9 persen

1. Jokowi ubah pembangunan, mulai dari pedesaan

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana DesaTwitter/@KSPgoid

Pembangunan dan pemberdayaan desa merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk menghadirkan pemerataan ekonomi di Tanah Air. Hal tersebut ditegaskan Presiden Jokowi, bahwa orientasi pembangunan nasional memang beberapa tahun ini mengalami perubahan. 

"Memang pembangunan yang telah kita kerjakan dalam empat tahun ini orientasinya kita ubah, kita balik. Pembangunan dimulai dari desa," ujar Presiden, seperti dilansir kantor berita Antara.

2. Kenaikan alokasi anggaran untuk pembangunan desa setiap tahunnya menjadi salah satu indikasi pemerintah memprioritaskan desa

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana DesaTwitter/@KSPgoid

Jokowi mengatakan kenaikan alokasi anggaran untuk pembangunan desa setiap tahunnya menjadi salah satu indikasi, bahwa pemerintah memang memprioritaskan desa sebagai program utama pembangunan. 

Pada 2015, tahun awal Kebijakan Dana Desa dijalankan, pemerintah memberikan Dana Desa Rp20,7 triliun. Pada 2016 menjadi Rp47 triliun, pada 2017 sebesar Rp60 triliun, kemudian 2018 juga Rp60 triliun. Pada 2019, Dana Desa meningkat menjadi Rp73 triliun. 

"Jadi sampai tahun ini sudah Rp187 triliun kita gelontorkan ke desa-desa sebanyak 74 ribu desa, yang ada di seluruh Tanah Air," kata Jokowi. 

3. Sejak 2015 hingga 2017 tercatat sejumlah infrastruktur dan fasilitas desa dibangun secara massif dari Dana Desa

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana Desa

Dari pemanfaatan Dana Desa itu, kata Jokowi, sejak 2015 hingga 2017 tercatat sejumlah infrastruktur dan fasilitas desa dibangun secara massif. Sepanjang 123 ribu kilometer jalan desa, 11.500 posyandu, 18.100 PAUD, 6.500 pasar desa, hingga 791.000 meter jembatan berhasil dibangun dari dana desa yang disalurkan. 

Melihat capaian tersebut di sejumlah desa, lanjut Jokowi, infrastruktur jalan desa menjadi lebih baik dibanding sebelumnya dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang lain seperti irigasi, embung, hingga fasilitas kesehatan seperti posyandu.

4. Di perkotaan juga menginginkan dana seperti Dana Desa

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana Desa

Dalam perkembangannya, menurut Jokowi, perkotaan menginginkan kucuran dana serupa yang didapatkan desa. Pemerintah di tingkat kelurahan diharapkan dapat menyelesaikan berbagai persoalan perkotaan yang kian kompleks. 

Setelah empat tahun mengalokasikan Dana Desa, mulai 2019, pemerintah juga telah mengalokasikan Dana Kelurahan untuk mengakomodasi kebutuhan pemerintah-pemerintah kota yang disampaikan langsung kepada Presiden. 

"Di kota banyak yang lebih tidak baik daripada di desa, kampung-kampungnya. Gunakan untuk drainase atau jalan di kampung-kampung yang ada di kota. Dana Kelurahan kita arahkan ke sana, karena kemiskinan di kota dan desa itu ada semua," kata Presiden.

5. Presiden ingin dana desa ubah potensi jadi kekuatan ekonomi

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana Desa

Presiden Jokowi berharap program Dana Desa dalam pelaksanaan selanjutnya mampu mengubah berbagai potensi desa menjadi kekuatan ekonomi. 

"Selain infrastruktur, dana-dana itu bisa digunakan untuk membangun, misalnya pariwisata di desa. Sekarang banyak orang kota yang kepingin melihat desa lagi seperti apa," kata Presiden. 

Kebijakan Dana Desa dalam tahapan-tahapan selanjutnya, kata Jokowi, diharapkan tidak semata untuk pembangunan infrastruktur. Presiden berharap Dana Desa dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan penggarapan potensi desa. 

6. Dana Desa juga harus digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di pedesaan

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana Desa

Jokowi mengatakan Dana Desa juga mesti digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di pedesaan. Salah satunya dengan memanfaatkan Dana Desa untuk menanggulangi masalah gizi buruk dan stunting atau gagal tumbuh yang ada di desa-desa. 

"Ini menyangkut sumber daya manusia kita ke depan. Kita ini harus bersaing dengan negara-negara lain. Kalau tidak disiapkan dari sekarang sangat berat. Kita harus ngomong apa adanya, sangat berat bersaing dengan negara-negara lain yang selalu memperbaiki SDM-nya," tutur dia. 

7. Contoh pemberdayaan perekonomian Desa Ponggok melalui Dana Desa

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana DesaTwitter/@KSPgoid

Jokowi kemudian memberikan satu contoh nyata mengenai transformasi desa yang dulu dapat dikatakan sebagai desa tertinggal yang dihinggapi masalah kemiskinan dan pengangguran, menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

"Saya berikan contoh program Pariwisata Desa. Ada yang namanya Desa Ponggok ini punya mata air yang dibangun dan dijadikan tempat wisata untuk berenang, untuk menyelam," ujar dia. 

Menurut Jokowi pemerintah desa setempat yang terletak di Klaten, Jawa Tengah, saat itu membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan memanfaatkan potensi pariwisata air. 

Dana Desa sebesar kurang lebih Rp800 juta pada tahun anggaran 2017 dimanfaatkan pemerintah setempat, untuk membangun infrastruktur desa penunjang pariwisata tersebut. 

"Hasilnya satu tahun bisa mendatangkan income Rp14 miliar. Ini menjadi kekuatan desa," ujar dia. 

8. Jokowi mengapresiasi keberhasilan pemanfaatan Dana Desa di Desa Ponggok

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana Desa

Karena itu, Presiden secara khusus mengapresiasi pemanfaatan Dana Desa yang dilakukan Desa Ponggok. Ia mengajak desa-desa lainnya yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan desa tersebut. 

"Saya lihat banyak sekali desa-desa yang sangat indah yang perlu disentuh sedikit. Dengan Dana Desa, bisa jadi produk yang bisa dipasarkan dengan baik. Kalau di situ bisa mendatangkan orang menjadi tempat pariwisata, artinya warung-warung akan buka, ada tukang parkir mendapatkan pekerjaan, ada income untuk desa. Itu akan ke mana-mana larinya," kata Jokowi.

9. Jokowi didampingi Ibu Negara dan sejumlah menteri

Jokowi Ubah Pembangunan Mulai di Pedesaan, Ini 9 Hal tentang Dana DesaTwitter/@KSPgoid

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo Menteri Desa, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Selain itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru. 

Semoga pembangunan di pedesaan bisa mengurangi angka pengangguran dan pencegah urbanisasi, ya guys

Baca Juga: Jokowi Anggarkan Dana Desa Rp70 Triliun Tahun Depan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya