Jusuf Kalla Syukuran Ultah ke-80, Menteri hingga Elite Parpol Hadir

Cucu hingga sahabat JK juga turut hadir

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menggelar syukuran hari ulang tahunnya ke-80 di The Opus Grand Ballroom The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

JK lahir pada 15 Mei, namun syukuran baru bisa digelar pada 25 Mei, lantaran padatnya jadwal pria kelahiran Kabupaten Bone pada 1942.

Baca Juga: Jusuf Kalla Terima Bintang Jasa dari Pemerintah Jepang

1. Syukuran ulang tahun JK dihadiri sejumlah menteri dan sahabatnya

Jusuf Kalla Syukuran Ultah ke-80, Menteri hingga Elite Parpol HadirSejumlah pejabat hadiri syukuran ultah ke-80 Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dok. Jusuf Kalla)

Selain dihadiri anak dan cucu serta kerabat JK, syukuran ulang tahun JK juga dihadiri Kabinet Indonesia Maju antara lain Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan sejumlah mantan menteri Kabinet Kerja era Jokowi-JK.

Selaian itu, hadir pula sahabat JK, Surya Paloh, yang juga Ketua Umum Partai NasDem, serta Chairul Tanjung, dan Hidayat Nurwahid.

2. JK luncurkan buku "Jusuf Kalla, di Balik Beragam Isu"

Jusuf Kalla Syukuran Ultah ke-80, Menteri hingga Elite Parpol HadirSejumlah pejabat hadiri syukuran ultah ke-80 Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dok. Jusuf Kalla)

Dalam perayaan syukuran hari jadinya, JK juga meluncurkan buku "Jusuf Kalla, di Balik Beragam Isu" yang ditulis sahabatnya, Hamid Awaludin.

Dalam sambutannya Hamid mengatakan, menulis buku tentang JK sangatlah mudah.

"Menulis buku tentang JK sangat mudah karena pikirannya berbanding lurus, dengan sikapnya. Pikiran Pak JK simpel tapi selalu logis," kata dia.

Buku ini menceritakan perjalanan panjang sejarah perpolitikan Indonesia, dan sepak terjang mantan wapres periode 2004-2009 dan 2014-2019 itu.

Buku ini dibedah dua penanggap yakni Ketua Dewan Pers 2022-2025 Azyumardi Azra, dan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Rikard Bagun yang dipandu langsung Rosiana Silalahi.

Azra menilai JK sebagai sosok problem solving dan solidarity making.

"Pak JK ini, adalah sosok 'problem solving' dan 'solidarity making'. Bisa kita lihat dari caranya menyelesaikan berbagai persoalan saat menjabat wapres di masa SBY dan Jokowi," kata dia.

Dalam buku ini, dituliskan kisah politik JK yang bercerita tentang pelayanan yang merambah banyak lahan. JK menjadi aktor penting dalam misi perdamaian pemerintah dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

JK juga terlibat dalam usaha-usaha perdamaian lain seperti mendamaikan dua tokoh politik Malaysia, Najib Razak dan Anwar Ibrahim, dan upaya mendamaikan Pemerintah Afghanistan dengan Taliban.

Kisah-kisah dalam buku ini merupakan kesaksian yang merangkum kebesaran karya JK bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Buku ini menjadi bukti nyata JK merupakan tokoh utama di balik berbagai perkara.

Baca Juga: Ketua DMI Jusuf Kalla Usulkan Sentralisasi Suara Azan di Satu Waktu

3. Jusuf Kalla dua kali menjabat wakil presiden RI

Jusuf Kalla Syukuran Ultah ke-80, Menteri hingga Elite Parpol HadirSejumlah pejabat hadiri syukuran ultah ke-80 Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dok. Jusuf Kalla)

JK merupakan anak kedua dari 12 bersaudara. Ia menikah dengan Mufidah yang kemudian dianugerahi seorang putra dan empat putri.

Jusuf Kalla dua kali menjabat wakil presiden RI. Pada 2004-2009, JK menemani Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada periode pertamanya sebagai presiden. Pada 2014-2019, JK kembali ke istana bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya