Kampanye ke Aceh, Sandiaga Ziarahi Makam Raja Islam Pertama Indonesia

Sandiaga juga bersilaturahmi ke ulama Aceh

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berziarah ke makam Sultan Malikussaleh, raja pertama kerajaan Samudra Pasai, di Kecamatan Samudra, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Minggu (3/2).

Ziarah makam raja Islam pertama di Indonesia tersebut merupakan rangkaian kegiatan Sandiaga dalam kunjungannya ke tanah Rencong. Saat menziarahi makam tersebut, dia didampingi Ketua Umum Partai Aceh Muzakkir Manaf dan rombongan lainnya.

1. Sandiaga mendengarkan cerita sejarah Sultan Malikussaleh

Kampanye ke Aceh, Sandiaga Ziarahi Makam Raja Islam Pertama IndonesiaInstagram/@sandiuno

Sandiaga yang tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, langsung berwudu dan memasuki area makam Sultan Malikussaleh. Ia disambut tokoh masyarakat dan warga setempat.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mendengarkan sejarah singkat Sultan Malikussaleh yang bernama asli Meurah Silu, yang berupaya menyebarluaskan Islam ke wilayah Indonesia lainnya melalui kerajaan Samudra Pasai. Sejarah tersebut diceritakan juru kunci makam, Tgk Saiful.

Disebutkan, berdasarkan tulisan kaligrafi di batu nisan makam Sultan Malikussaleh dan anaknya Malikul Dhahir, selain di Indonesia, Malikussaleh juga menyebarkan Islam ke Asia Tenggara. Pada masa Malikul Dhahir, mulai ada pembayaran harga barang dengan nama mata uang Dirham atau koin emas Aceh.

Baca Juga: Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Halal Dunia

2. Sandiaga menyebut perjuangan Sultan Malikussaleh merupakan semangat mewujudkan Indonesia adil dan makmur, serta Islam rahmatan lil alamin

Kampanye ke Aceh, Sandiaga Ziarahi Makam Raja Islam Pertama IndonesiaInstagram/@sandiuno

Usai mendengarkan sejarah singkat tentang Sultan Malikussaleh dan putranya tersebut, Sandiaga mengatakan, ziarah yang dilakukannya merupakan sebagai penghormatan kepada sultan Islam tertua di Asia Tenggara.

"Perjuangan Beliau bersama putranya dalam menyebarkan Islam ke berbagai pelosok di Indonesia dan juga Asia Tenggara, merupakan sebuah semangat dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur, serta Islam rahmatan lil alamin," kata dia, seperti dilansir kantor berita Antara.

3. Sandiaga silaturahmi ke ulama Aceh

Kampanye ke Aceh, Sandiaga Ziarahi Makam Raja Islam Pertama IndonesiaInstagram/@sandiuno

Setelah berziarah ke makam Sultan Malikussaleh di Aceh Utara, Sandiaga bersama rombongan menuju ke tempat ulama Aceh Timur, Abu Paya Pasi.

4. Sandiaga bertemu anak muda di Lhokseumawe

Kampanye ke Aceh, Sandiaga Ziarahi Makam Raja Islam Pertama IndonesiaInstagram/@sandiuno

Sebelum berziarah ke makam Sultan Malikussaleh, Sandiaga juga telah menemui masyarakat, khususnya millennial, di Lhokseumawe pada Sabtu malam (2/2). Sambil ngopi bareng di cafe, Sandi mengajak anak muda untuk berwirausaha demi memajukan perekonomian di Tanah Air.

Baca Juga: Kampanye di Aceh, Sandiaga Ajak Anak Muda Wirausaha

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya