Kapal Penumpang Dihantam Ombak di Konawe, 9 Orang Berhasil Selamat

KM Putra Samudera pecah hingga karam

Jakarta, IDN Times - Tim Basarnas Kendari bersama nelayan mengevakuasi dengan selamat tiga awak kapal dan enam penumpang kapal yang bocor di perairan Tanjung Toronipa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Basarnas Kendari menyebutkan kapal yang mengalami gangguan cuaca buruk itu ditemukan pukul 17.20 Wita, dengan posisi miring sekitar 1,5 NM arah barat daya dari perkiraan lokasi kecelakaan.

Baca Juga: Waspada! Gelombang Tinggi Ancam Wilayah Timur Indonesia

1. Sembilan korban ditemukan dalam keadaan selamat

Kapal Penumpang Dihantam Ombak di Konawe, 9 Orang Berhasil SelamatIlustrasi kapal (Pixabay/larsen9236)

Sebanyak enam penumpang dievakuasi menggunakan kapal cepat milik masyarakat menuju Pantai Toronipa, dan tiga awak kapal dievakuasi menggunakan RIB menuju Dermaga Utama Basarnas Kendari.

"Total keseluruhan korban kapal bocor sembilan orang semuanya dalam keadaan selamat," kata Juru Bicara Basarnas Kendari Wahyudi, dilansir ANTARA, Selasa (7/12/2021).

Pada pukul 18.20 Wita, Tim Rescue KPP Kendari tiba di Dermaga Utama Basarnas Kendari bersama tiga orang POB KM Putra Samudera, dan selanjutnya mereka diserahkan kepada pihak keluarga.

Wahyudi menjelaskan dengan ditemukan kapal tersebut beserta seluruh awak dan penumpang, maka operasi SAR terhadap KM Putra Samudera 01 yang nyaris karam akibat cuaca buruk di sekitar perairan Tanjung Toronipa ,dinyatakan selesai dan ditutup pada pukul 19.00 Wita.

Kondisi cuaca di lokasi kecelakaan berawan dengan kecepatan angin 2-15 knot, serta tinggi gelombang 1-1,5 meter.

2. Daftar nama ABK dan penumpang yang selamat

Kapal Penumpang Dihantam Ombak di Konawe, 9 Orang Berhasil SelamatIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Para awak dan penumpang kapal tersebut antara lain Kubais (47) sebagai nakhoda, Sangkala (59) dan Jarwah (49) keduanya anak buah kapal, serta enam penumpang, masing-masing Fina (23), Naeda (55), Saifuddin (33), Arifin (47), Wa Saima (45), dan Anggi (21).

Unsur yang terlibat dalam proses evakuasi yakni Rescuer KPP Kendari delapan orang, KSOP Kendari 10 orang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari 4 orang, Polsek Soropia 5 orang, dan masyarakat Toronipa 20 orang.

Sedangkan, alat utama yang digunakan dalam operasi itu RIB satu unit, Rescue Car satu unit, ambulans dua unit, KP 370 Milik KSOP Kendari, dan kapal cepat milik masyarakat dua unit.

3. KM Putra Samudera 01 dihantam ombak hingga karam

Kapal Penumpang Dihantam Ombak di Konawe, 9 Orang Berhasil SelamatIlustrasi (Pixabay/al-grishin)

KM Putra Samudera 01 mengalami musibah kebocoran dalam pelayaran dari Pelabuhan Kaleroang, Sulawesi Tengah, tujuan Pelabuhan Kendari, Sulawesi Tenggara.

Setelah dihantam ombak, KM Putra Samudera 01 yang merupakan kapal penumpang dan barang itu, pecah hingga karam karena kemasukan air di perairan Tanjung Toronipa.

Baca Juga: Siklon Tropis Nyatoh Muncul Dekat Indonesia, Ini Dampaknya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya