Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Internet 21,29 Juta Penerima

Bantuan kuota data internet pada 2021 merupakan kuota umum

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyalurkan bantuan kuota data internet, kepada 21,29 juta pendidik dan peserta didik untuk periode November 2021.

Bantuan itu disalurkan kepada 906.000 nomor peserta didik PAUD, 6,8 juta peserta didik SD; 3,8 juta peserta didik SMP; 2,5 juta peserta didik SMA; 2,4 juta peserta didik SMK; 41 ribu peserta didik SLB; 22 ribu peserta didik kesetaraan; 1,2 juta guru, 192.000 mahasiswa vokasi; 3,2 juta mahasiswa akademik; 10.000 dosen vokasi, dan 117.000 dosen akademik.

“Kami berharap bantuan kuota menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya. Semoga para peserta didik, guru-guru, dosen, dan mahasiswa memanfaatkan bantuan kuota ini secara maksimal untuk membantu proses belajar mengajar,” ungkap Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, dilansir ANTARA, Minggu (14/11/2021).

 

Baca Juga: Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Data ke 21,29 Juta Orang

1. Besaran kuota yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik

Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Internet 21,29 Juta PenerimaIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Besaran bantuan yang dialokasikan kepada peserta didik PAUD adalah 7 GB per bulan, dan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 GB per bulan.

Sedangkan, untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 GB per bulan.

Sementara itu, bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan sebesar 15 GB per bulan. “Masa berlaku kuota data internet ini berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima,” kata Nadiem.

 

2. Bantuan kuota data internet pada 2021 merupakan kuota umum

Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Internet 21,29 Juta PenerimaIlustrasi siswa belajar (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Keseluruhan bantuan kuota data internet pada 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Pemberian bantuan kuota data internet 2021, telah diumumkan Mendikbudristek pada 8 Agustus 2021 bersama Menteri Keuangan dan Menteri Agama. Bantuan ini dimaksudkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, yang masih dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

3. Kemendikbudristek telah memberikan subsidi kuota internet selama empat bulan senilai Rp7,2 triliun

Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Kuota Internet 21,29 Juta PenerimaIlustrasi belajar daring dari rumah (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sebelumnya, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan data kuota internet untuk membantu akses informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemik.

Selama 2020, Kemendikbudristek telah memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen, selama empat bulan pada September hingga Desember 2020 senilai Rp7,2 triliun.
Tahun ini, September 2021, Kemendikbudristek kembali menyalurkan bantuan data kuota internet kepada 24,4 juta pengguna dan pada Oktober 2021 disalurkan kepada 26,6 juta penerima.

Baca Juga: Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Cair, Begini Cara Ceknya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya