Kepala BNPB Tinjau Langsung Lokasi Terdampak Gempa Banten

BNPB menyerahkan bantuan peralatan dan logistik

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto diagendakan meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi magnitudo 6,6 di Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (15/1/2022) pagi.

Peninjauan tersebut dilakukan, usai Suharyanto menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja di tiga tempat, yakni Bali, Banyuwangi dan Lumajang sejak Kamis, 12 Januari 2022, dengan agenda penguatan sarana, prasarana dan kesiapan Bali-Banyuwangi dalam mengantisipasi COVID-19 varian Omicron.

Suharyanto juga sempat mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau hunian sementara (huntara) bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kemarin.

Baca Juga: BMKG Catat 5 Kali Gempa Susulan di Banten, Terbesar Magnitudo 5,7

1. Kepala BNPB memberikan arahan langsung penanganan darurat gempa

Kepala BNPB Tinjau Langsung Lokasi Terdampak Gempa BantenKepala baru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen Suharyanto usai serah terima jabatan di gedung BNPB pada Rabu, 17 November 2021 (Dokumentasi BNPB)

Setelah mendarat di Jakarta usai rangkaian kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB didampingi Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi, beserta rombongan lain langsung menuju Kabupaten Pandeglang menempuh jalur darat.

"Pada peninjauan tersebut, Suharyanto dijadwalkan akan melihat perkembangan situasi dan kondisi terkini, sekaligus memberikan arahan langsung dalam penanganan darurat gempa bumi," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

2. BNPB menyerahkan bantuan peralatan dan logistik

Kepala BNPB Tinjau Langsung Lokasi Terdampak Gempa BantenBangunan terdampak gempa M 6.7 di Banten yang terjadi pada Jumat (14/1/2022). (dok. BMKG)

Di samping itu, Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa logistik dan peralatan kepada pemerintah Kabupaten Pandeglang, guna meringankan beban warga terdampak, dan membantu percepatan penanganan darurat gempa bumi.

"Adapun beberapa dukungan tersebut meliputi 3 set tenda pengungsi, 300 selimut, 5.000 masker KF94, 500 paket perlengkapan keluarga dan permakanan," kata dia.

Baca Juga: Menilik Sejarah Gempa Bumi yang Merusak di Banten sejak 1851

3. Suharyanto langsung instruksikan jajarannya usai terjadi gempa

Kepala BNPB Tinjau Langsung Lokasi Terdampak Gempa BantenKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen Suharyanto ketika berkunjung ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Dokumentasi BNPB)

Sebelumnya, 2 jam setelah terjadinya gempa bumi Banten pada Jumat (14/1/2022) sore, Suharyanto telah memerintahkan jajaran BNPB turun langsung ke lokasi terdampak, guna mengkaji lebih cepat, dan memberikan pendampingan lebih lanjut kepada pemerintah daerah.

"Instruksi itu segera ditindak lanjuti oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB dan Tim Penanganan Darurat beserta Tim Logistik dan Peralatan BNPB," imbuh Muhari.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya