Kinerja Pemerintah Jokowi Dinilai Menurun, KSP: Kami Sudah Kerja Keras

KSP apresiasi lembaga survei soal kinerja pemerintahan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah mengklaim telah bekerja keras untuk mengatasi kesulitan masyarakat dengan berbagai skema bantuan sosial. Mulai dari bantuan sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng, Bantuan Subsidi Upah (BSU), hingga Bantuan Presiden (Banpres) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Di saat yang sama pemerintah juga membuat kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

Juri menyampaikan hal ini, menanggapi hasil survei lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) soal kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Survei LSI: Kepuasan Masyarakat pada Kinerja Presiden Jokowi Menurun

1. Pemerintah klaim melakukan berbagai langkah kendalikan kenaikan harga komoditi

Kinerja Pemerintah Jokowi Dinilai Menurun, KSP: Kami Sudah Kerja KerasJuri Ardiantoro, Deputi IV Kantor Staf Presiden RI (ksp.go.id)

Menanggapi hal itu, Juri menegaskan, situasi saat ini memang tidak mudah. Tekanan ekonomi global sangat berpengaruh terhadap ekonomi dalam negeri, termasuk menyebabkan kenaikan harga sejumlah komoditas.

Pemerintah, kata dia, juga melakukan berbagai langkah untuk mengendalikan lonjakan kenaikan harga barang-barang. "Salah satu yang dilakukan pemerintah dengan mempertahankan subsidi untuk beberapa komoditi," terangnya.

 

2. Juri apresiasi lembaga survei soal kinerja pemerintahan Jokowi

Kinerja Pemerintah Jokowi Dinilai Menurun, KSP: Kami Sudah Kerja KerasPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dalam kesempatan itu, Juri juga menyampaikan apresiasinya terhadap hasil survei yang sudah dilakukan beberapa lembaga, soal kepuasan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

"Survei merupakan bagian dari masukan kepada pemerintah untuk introspeksi dan meningkatkan kinerja," pungkasnya.

 

Baca Juga: Survei: 43 Persen Tak Puas Kinerja Menteri, Mayoritas Setuju Reshuffle

3. Hasil survei IPI menyebut kepuasan publik pada kinerja Presiden Jokowi menurun

Kinerja Pemerintah Jokowi Dinilai Menurun, KSP: Kami Sudah Kerja KerasPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Hasil survei yang dilakukan pada 14-19 April tersebut, menunjukkan tren penurunan pada tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi. Jika pada awal Januari 2022, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi menyentuh angka 75,3 persen, kali ini turun di angka 59,9 persen.

IPI menyebut, menurunnya kepuasan masyarakat karena mahalnya harga bahan pokok. Dalam survei disebutkan, sebanyak 36,6 persen masyarakat meminta Presiden Jokowi menstabilkan harga bahan pokok, khususnya minyak goreng dan BBM.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya