Lampung Diguncang Gempa Dua Kali Berturut-turut

Gempa kedua di Lampung bermagnitudo 5,5

Jakarta, IDN Times - Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung diguncang gempa bumi dua kali pada Sabtu (13/2/2021) sekitar 11.00 WIB. Gempa pertama terjadi pada pukul 11.18 WIB dan kedua pukul 11.30 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum menerima laporan adanya dampak akibat gempa ini.

Baca Juga: [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 3.4 Di Bandar Lampung

1. Gempa pertama bermagnitudo 5,3

Lampung Diguncang Gempa Dua Kali Berturut-turutIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan laporan BMKG, gempa pertama berkekuatan magnitudo 5,3 pada pukul 11.18 WIB, dengan titik lokasi 6.81 Lintang Selatan dan 103.30 Bujur Timur serta kedalaman 10 km.

Lokasi tersebut berada di 193 km barat daya Kabupaten Pesisir Barat, Lampung atau 198 km tenggara Kabupaten Enggano, Begnkulu.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam laporannya.

2. Gempa kedua bermagnitudo 5,5

Lampung Diguncang Gempa Dua Kali Berturut-turutIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Tak berselang lama, atau parsisnya pada pukul 11.30 WIB, BMKG kembali melaporkan gempa melanda wilayah yang sama, yakni Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Gempa kedua berkekuatan lebih besar, yakni magnitudo 5,5.

BMKG menyebut lokasi gempa kedua di Lampung berada di 6.34 Lintang Selatan dan 103.57 Bujur Timur serta kedalaman 10 km. Atau berada di lokasi 134 km barat daya Kabupaten Pesisir Barat.

3. Bengkulu juga sebelumnya diguncang gempa hingga tujuh kali

Lampung Diguncang Gempa Dua Kali Berturut-turutIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa bermagnitudo 6,5 sempat mengguncang wilayah Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu, Rabu, 10 Februari 2021 malam, namun gempa ini tidak mengganggu aktivitas warga. Karena getaran yang dirasakan warga tak terlalu kuat.

BMKG melaporkan dua kejadian gempa bumi di wilayah Provinsi Bengkulu. Pertama pada pukul 17.15 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,2 dan kedua gempa magnitudo 6,5 pada pukul 19.52 WIB.

Lokasi gempa pertama berada di kedalaman 10 kilometer berjarak 79 km di barat daya Enggano, sedangkan gempa kedua berpusat di 82 kilometer di barat daya Pulau Enggano dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara, Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mencatat sejak Rabu pukul 17.15 WIB sudah tujuh kali gempa bumi berkekuatan sedang mengguncang Bengkulu.

Tujuh gempa beruntun yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia, dan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan kerusakan.

Baca Juga: Diguncang Gempa 7 Kali, Aktivitas Warga Bengkulu Tetap Normal

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya