Comscore Tracker

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa Barat

#Pilkada2018 Ikuti update berita Pilkada Jabar di sini

Bandung, IDN Times - Pemungutan suara Pilkada serentak hari ini digelar di 171 wilayah, termasuk Jawa Barat. Pilkada di Jabar diramaikan empat pasangan calon.

Keempat pasangan calon tersebut yakni pasangan calon M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pilkada Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang menarik untuk disimak, sebab pemilih di daerah ini sangat banyak. Bahkan ada yang menyebut jika apa yang akan terjadi Pilpres 2019 mendatang bisa dilihat dari hasil Pilkada di Jawa Barat ini. So, Ikuti terus berita-berita terkini terkait Pilkada Jabar di sini:

11. 8 Juli: Paslon Rindu menang di Pilkada Jabar versi KPU

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratAntara Foto/Agung Rajasa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan dan mengesahkan pasangan calon M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu, sebagai pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

Pengesahan tersebut dibacakan Kabag Hukum, Teknis, Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat Teppy Darmawan, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018, di Aula Setya Permana, Kantor KPU Jawa Barat Jalan Garut Nomor 11 Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/7).

Hasil rekapitulasi penghitungan suara menunjukkan pasangan Rindu unggul dengan perolehan suara sah sebanyak 7.226.254 (32,88 persen), disusul pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan perolehan suara sah sebanyak 6.317.465 suara (28,74 persen).

Kemudian posisi ketiga ditempati pasangan calon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan suara sah sebanyak 5.663.198 (25,77 persen), dan terakhir ditempati pasangan calon TB Hasanuddin-Anton Charliyan dengan suara 2.773.078 (12.62 persen).

Sementara, total suara sah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 adalah sebanyak 21.979.995.

10. 5 Juli: Tingkat partisipasi perempuan di Pilkada Jabar meningkat

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Abraham Herdyanto

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengaku bangga dengan tingkat partisipasi pemilih perempuan di Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat meningkat.

"Meningkatnya partisipasi pemilih perempuan di Pilkada Serentak Jawa Barat tahun 2018 selain dipengaruhi oleh besarnya jumlah penduduk, juga dipengaruhi oleh kepedulian berdemokrasi di kalangan perempuan," kata Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, seperti dilansir kantor berita Antara, Kamis (5/7).

Berdasarkan data KPU Jawa Barat menyatakan jumlah partisipasi pemilih perempuan yang menggunakan hak pilih saat Pilkada Serentak 2018 meningkat yakni sebanyak 10.848.556 perempuan menggunakan hak pilihnya, sementara itu pengguna hak pilih laki-laki mencapai 9.780.168 orang.

"Pemilih di Jawa Barat didominasi oleh pemilih wanita, ini juga dipengaruhi oleh jumlah penduduk Jawa Barat yang besar kemudian berimbas kepada pemilih perempuan yang banyak ini, sepertinya kepedulian perempuan terhadap pentingnya demokrasi, kemudian keterlibatan mereka dalam pemilu ini cukup baik," kata Ineu.

Politikus dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini mengatakan, pencapaian tersebut harus terus dijaga dan ditingkatkan. Selain itu, pihaknya akan mendorong masyarakat Jabar untuk berpartisipasi dalam pemilu-pemilu yang berlangsung.

"Bulan April nanti kita akan ada pemilu legislatif, kemudian pemilu presiden tentu partisipasi pemilih terus meningkat di Jawa Barat," ujar Ineu.

Ineu juga mengapresiasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak tahun ini, karena dari partisipasi sekitar 63 persen di tahun lalu untuk tahun ini meningkat sekitar 70 persen lebih.

Sementara, menurut Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Jawa Barat Nina Yuningsih, peningkatan jumlah partisipasi pemilih perempuan tersebut mendongkrak target partisipasi pemilih 70 persen secara keseluruhan.

"Bukan klaim ya, karena kami berusaha terus sejak adanya tahapan sampai hingga jelang pemungutan suara pun kami terus intensif melakukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih, baik itu yang sifatnya langsung mau pun tidak langsung," kata Nina.

Secara umum, menurut Nina, jumlah partisipasi pemilih di Jawa Barat tahun ini lebih rendah dari target yang dipatok oleh KPU RI sebesar 77 persen. Namun untuk ukuran di provinsi penyangga Ibukota Negara, hasil tersebut dianggap luar biasa.

Nina memperkirakan, jumlah partisipasi pemilih perempuan dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Jawa Barat 2018 akan terus bertambah, seiring rekapitulasi yang masih berjalan dan jumlahnya diprediksi melebihi jumlah partisipasi pemilih laki-laki.

Secara keseluruhan jumlah pemilih di Jawa Barat dalam website resmi KPU sebanyak 14.599.407 laki-laki dan 14.478.710 perempuan.

KPU Jawa Barat menyebutkan peningkatan partisipasi pemilih itu disebabkan adanya jaminan keamanan selama proses pemungutan suara oleh polisi dan tentara. Selain itu, KPUD mengklaim pemicu lainnya adalah pemberitaan di media massa yang lebih mengandung unsur informasi tahapan pemilu.

9. Pukul 20.30 WIB: Kalah mengejutkan, ini respon Deddy Mizwar

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya duet Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi disebut-sebut akan menjadi pesaing ketat dengan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul. Namun kenyataannya, mereka hanya menempati peringkat ketiga dalam hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Hasil ini cukup mengejutkan.

Deddy Mizwar sendiri mengatakan dirinya siap menerima kekalahan. Namun ia mengingatkan jika masih ada penghitungan real count oleh KPU. Ia meminta semua pihak menunggu.

"Ya gak apa-apa kalau kalah kan siap pasti semuanya. Yang susah itu siap menang. Karena konsekuensinya, siap menang itu lima tahun harus amanah. Kalau kalah, sudah selesai semua kan. Kalau kalah siap smua, gak ada yang gak siap," ucap Deddy.

Baca Juga: Kalah Mengejutkan di Quick Count, Ini Tanggapan Deddy Mizwar

8. Pukul 19.30 WIB: Ridwan Kamil bersujud syukur

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN TImes/Irfan Fathurohman

Setelah melihat kemenangannya dalam hitung cepat, Ridwan Kamil langsung menemui pendukungnya di Hotel Papandayan. Dalam sambutannya, Ridwan Kamil langsung sujud syukur. Suasana yang gemuruh, sontak berubah jadi haru. Setelah sujud ia memulai sambutan dengan berterimakasih kepada semua pendukungnya.

“Saya berterimakasih baik dari parpol dan pendukung baik dari elemen relawan, baik dari elemen - elemen individu yang tidak tergabung dalam kelompok baik dari mereka yang mendoakan kejauhan dan tentunya saya tidak bisa sampai ke hari ini tanpa dukungan pengorbanan luar biasa khususnya dari istri, ibunda tercinta, dan mertua saya,” Emil sambil berlinang air mata.

Baca Juga: Pasangan Rindu Menang Quick Count, Ridwan Kamil Sujud Syukur 

7. Pukul 18.00 WIB: Ridwan KamilUu Ruzhanul menang versi hitung cepat

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN TImes/Irfan Fathurohman

Hitung cepat SMRC misalnya menyebutkan Ridwan Kamil-Uu memperoleh 32,26 persen dari 100 persen suara yang masuk. Mereka unggul atas tiga pasangan lainnya.

Sementara hitung cepat LSI Denny JA menyebut Ridwan Kamil-Uu memperoleh 32,98 persen dari 100 persen suara yang masuk, lebih banyak dari tiga pasangan lainnya. 

Baca Juga: Hasil Quick Count Pilkada Jabar

6. Pukul 15.00 WIB: Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul memimpin

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN TImes/Irfan Fathurohman

Duet Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul memimpin perolehan suara hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Menurut Populi Center, hingga pukul 15.00 WIB, Ridwan-UU mengantongi 32,27 persen dari 60,83 persen suara yang telah masuk. Pesaing terberat mereka adalah . Pasangan Sudrajat-Akhmad Syaikhu mendapat 28,15 persen, disusul Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi sebesar 27,09 persen. Posisi terakhir sementara ditempati Tb Hasanuddin-Anton Charliyan yang memeroleh 12,49 persen suara.

5. Pukul 11.00 WIB: Seorang pemilih meninggal di TPS

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Sukma Shakti

Seorang perempuan bernama Anih (54 tahun) meninggal saat menggunakan hak pilihnya saat mengikuti Pilkada Jawa Barat, Rabu (27/6).

Anih meninggal di areal TPS tempatnya memilih, yakni di Dusun Tamelang Timur, Desar Margasari, Karawang Timur. 

"Saat itu Anih tengah mencoblos, tapi belum sempat melipat suara ia jatuh tersungkur," kata Camat Karawang Timur, Eli Laeli Komala, seperti dikutip dari ANTARA. 

Anih sempat dibawa ke klinik terdekat namun nyawanya tak bisa diselamatkan.

4. Pukul 09.00 WIB: Datang ke TPS, Deddy Mizwar kompak sama istri

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di TPS pada pukul 09.00 WIB. 

Deddy datang bersama istrinya Giselawati Mizwar serta anak dan cucu perempuannya. Dengan mengenakan batik berwarna coklat, mereka berjalan beriringan menuju TPS.

Suasana hangat terasa di antara mereka. Cucunya yang masih balita pun ia gendong sembari berjalan menuju TPS. Deddy melemparkan senyumannya kepada setiap warga yang menyampanya.

"Semuanya telah kita laksanakan. Segala doa sudah kita panjatkan, sekarang kita tinggal menunggu keputusan Allah," kata Deddy kepada awak media, di Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (27/6).

3. Pukul 07.00 WIB: Deddy Mizwar akan mencoblos di TPS 61 Bekasi

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Calon Gubernur nomor 4 Jawa Barat, Deddy Mizwar, melakukan pencoblosan di TPS 61 Jatiwaringin, Bekasi, tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Pantauan IDN Times, hingga pukul 08.30 WIB, Deddy Mizwar beserta keluarga belum muncul di TPS. Di TPS ini terdapat 576 pemilih. Mereka sudah mengantre sejak pukul 07.30 WIB meski pemilihan baru dibuka pukul 08.00 WIB.

2. Pukul 07.30 WIB: Ridwan Kamil dan keluarga kompak pakai kostum tim sepak bola saat nyoblos

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Irfan Fathurochman

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menggunakan hak pilihnya untuk Pilkada Jabar 2018 di TPS 21, Cigadung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pantauan IDN Times, di TPS 21 yang letaknya persis bersebelahan dengan rumah Ridwan Kamil, disebut warga sebagai rumah botol.

1. Pukul 07.00 WIB: Ridwan Kamil punya modal tiga suara

Linimasa: Serunya Pilkada Jawa BaratIDN Times/Irfan Fathurochman

Tak hanya sang isteri, Ridwan mengaku tahun ini memiliki tiga suara di keluarganya. Sebab, anak pertamanya, Emmeril Khan, sudah bisa ikut menggunakan hak pilihnya tahun ini.

“Saya istri dan anak saya yang baru bisa ikut memilih Insyaallah berangkat ke TPS bareng,” kata Ridwan.

Baca Juga: Linimasa: Serba-Serbi Pilkada Papua 

Line IDN Times

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Just For You