Comscore Tracker

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara Millennials

#Pilkada2018 Pilkada diikuti dua pasangan calon

Jakarta, IDN Times - Pilkada serentak 2018 diikuti 171 daerah, termasuk Sumatera Utara. Pilkada di daerah ini diikuti oleh dua pasangan calon, yaitu Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitoru.

Tercatat hingga kini sedikitnya 10,5 juta jiwa ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sumatera Utara. Sumatera Utara sendiri menempati juara keempat populasi di Indonesia, di mana provinsi ini dihuni setidaknya 13,9 juta jiwa berdasarkan informasi sensus yang dilakukan pada 2015.

Sebagai salah satu provinsi besar di Indonesia, persaingan politik di Sumatera Utara tak kalah panas, bahkan jika dibandingkan dengan Jakarta.

Saksikan terus berita-berita terkait Pilgub Sumut di bawah ini.

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

7. Rabu (5/7) 10.00 WIB:Rekapitulasi suara Pilgub dan PilwalkotPadangsidimpuan

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsANTARA FOTO/Kodir Pohan

KPU Kota Padangsidimpuan melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pilgub dan Pilwalkot Padangsidimpuan 2018 hari ini. Rapat pleno rekapitulasi suara ini berlangsung di Kantor KPU Padangsidimpuan, Jalan Sultan Hasanuddin nomor 35 daerah itu, sekitar pukul 10.00 WIB. Rapat ini dipandu Ketua KPU Padangsidimpuan Arbanur Rasyid. 

Hingga pukul 13.00 WIB rapat pleno ini masih menyelesaikan penghitungan suara Pilgub Sumut di dua Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan Padangsidimpuan Utara. 

Sedang, empat kecamatan lainnya yaitu Padangsidimpuan Batunadua, Tenggara, Angkola Julu dan Hutaimbaru akan dilanjutkan setelah jam istirahat hingga pukul 14.00 WIB. Lalu, dilanjutkan penghitungan hasil suara Pilwalkot. 

Seperti dilasir kantor berita Antara, Kamis (5/7), dalam rapat pleno seluruh saksi, baik kedua paslon gubernur nomor urut satu dan dua Edi Rahmayadi-Ijeck (Eramas) dan nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat-Sihar PH Sitorus (Djoss) hadir.

Demikian juga dengan saksi paslon wali kota-wakil wali kota nomor urut satu Isnandar-Ali Pada (Beres), paslon nomor urut tiga Irsan-Arwin (Bersinar). Namun, saksi nomor urut dua hingga rapat pleno istirahat belum tampak hadir. 

Bawaslu Padangsidimpuan, Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), Komisioner KPU juga hadir dalam rapat pleno yang mendapat pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI tersebut. 

Sejauh ini, proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada gubernur dan wali kota Padangsidimpuan berlangsung aman dan lancar,, tanpa kendala berarti.

6. Jumat, 08.00 WIB: Sihar Sitorus pamit pulang ke Jakarta

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsAntara Foto/Septianda Perdana

Sihar Sitorus mengaku sudah legowo dengan hasil Pilkada Sumut 2018, yang memenangkan pasangan Eramus berdasarkan hasil sementara.

"Saya dan keluarga mohon pamit untuk kembali ke Jakarta," ujar Sihar, di

rumahnya Jalan Abdullah Lubis, Medan, seperti dilansir kantor berita Antara, Jumat (29/6) malam.

Acara makan malam bersama itu dihadiri relawan Djarot-Sihar (Djoss). Dalam kesempatan itu, Sihar mengaku merasakan bagaimana seluruh tim telah bekerja maksimal. Meski mengalami kekalahan, ia mengaku tetap merasakan kemenangan.

"Ada satu hal yang sudah kita menangkan. Ini suatu kemenangan dan kemenangan itu ada di diri kita semuanya," ujar dia.

Bagi Sihar, menjadi kontestan Pilgub Sumut adalah pengalaman yang membuatnya cukup puas. Karena itu, ia tak ingin bersedih karena kekalahan yang dialami.

"Saya tidak mau sedih karena hasil ini. Kami semua sekeluarga ingin melihat ini sebagai kekuatan yang luar biasa," kata dia.

Dia menyebutkan, mungkin 20 tahun lagi semua mengingat kejadian ini dan bisa membawa rasa hangat untuk semua.

Istri Sihar, Patricia Boru Siahaan juga turut berpamitan. Patty, sapaan akrabnya, berterima kasih kepada seluruh pendukung yang selama ini bekerja untuk memenangkan Djarot-Sihar.

"Kami mau pamit pulang. Kami datang dari Jakarta bersama pak Djarot dan keluarga," kata dia.

Patty juga mengaku terharu melihat bagaimana kinerja pendukung Djarot-Sihar selama Pilkada Sumut. Menurut dia, apa yang sudah dilakukan para relawan adalah pengalaman hidup yang berharga.

"Ada kalian yang luar biasa yang selalu membantu. Ngak penting kalah dan menang dan saya sangat tersentuh," Patty menambahkan.

5. Kamis, 11.00 WIB: Tingkat partisipasi pemilih Pilkada Sumut

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Ardiansyah Fajar

Hasil quick count lembaga survei Indikator Politik Indonesia, tingkat partisipasi publik di Pilkada Sumatera Utara 68 persen, dengan jumlah data masuk 96,33 persen.

Indikator mengestimasi perolehan suara pasangan Eramus 56,73 persen dan Djarot-Sihar 43,27 persen. Sedangkan, margin of error atau tingkat kesalahan kurang lebih 2,93 persen.

4. Rabu, 21.00 WIB: Hasil hitung cepat ditutup, Eramas menang dari Djarot-Sihar

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Reza Iqbal

Hasil quick count atau hitung cepat beberapa lembaga survei, pasangan Edy-Musa (Eramus) unggul dari pesaingnya, Djarot-Sihar. Seperti hasil hitung cepat dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pasangan Eramus memperoleh 58,81 persen, sedangkan Djarot-Sihar 41,19 persen.

Sedangkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan Eramus memperoleh 57,12 persen, dan pasangan Djarot-Sihar 42,88 persen. Lembaga survei Indikator juga mencatat perolehan Eramus 56,34 persen, dan Djarot-Sihar 43,66 persen. Namun, data yang masuk pada Indikator tidak sampai 100 persen, hanya 97,33 persen.

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

3.Rabu, 17.00 WIB: Eramus unggul sementara

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

Hasil hitung cepat LSI Denny JA untuk Pilkada Sumatera Utara hingga pukul 16.10 WIB menunjukkan, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul sementara, dengan perolehan suara 56,64 persen.

Sementara, lawannya Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus sebesar 43,36 persen.

Untuk persentase suara yang masuk adalah 88,86 persen, dengan vote turnout 58,02 persen dan margin of error 1 persen.

2. Rabu, 07.00 WIB: Edy diprediksi lebih unggul dari pesaingnya

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

Peneliti sekaligus pendiri Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi kekuatan Pilkada di Sumut. Dia menyebut ada persaingan ketat antara paslon Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitoru. Namun, menurut dia elektabilitas Edy mengungguli pesaingnya.

"Edy masih unggul cukup banyak sampai hari ini. Sekitar 10 persenan. Dulu dikejar oleh Djarot dan ada selisih 30 persen. Kemungkinan kalau gak ada blunder, Edy melenggang. Tapi tetap, unggulnya Edy gak sebesar Ganjar di Jabar," kata Denny, kepada IDN Times, Selasa (26/6).

1. Rabu, 06.00 WIB: Banyak pemilih pemula

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

Menurut catatan KPU Sumatera Utara pada 2015, terdapat setidaknya 174.119 orang terdaftar sebagai pemilih pemula. Angka ini terus meningkat. Pemilih pemula memiliki peranan penting dalam hasil Pilkada.

Paslon umumnya akan berlomba-lomba untuk menggaet millennials. Sekitar 6,6 juta jiwa penduduk yang berstatus pemilih pemula di wilayah Sumatera Utara atau dengan kata lain kurang lebih 20 persen dari total DPT Sumatera Utara.

Linimasa: Pilkada Sumut Berebut Suara MillennialsIDN Times/Sukma Shakti

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Just For You