Malam Tahun Baru, Polres Jakbar Jaga 4 Lokasi Pusat Keramaian

Polisi sia bubarkan kerumunan mulai pukul 22.00

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Barat memfokuskan penjagaan perayaan malam tahun baru di empat titik, yakni kawasan Kota Tua, CNI Kembangan, Pasar JB Cengkareng, dan Mall Daan Mogot Kalideres.

"Kami lakukan sistem pemantauan lebih awal, kita melakukan patroli-patroli. Melihat perkembangan dinamika di masyarakat," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dilansir ANTARA, Jumat (31/12/2021).

 

Baca Juga: Ma'ruf Amin Gelar Istigasah Sambut Tahun Baru 2022 di Rumah

1. Polisi akan membubarkan keramaian warga di atas pukul 22.00 WIB

Malam Tahun Baru, Polres Jakbar Jaga 4 Lokasi Pusat KeramaianIlustrasi petugas gabungan merazia pelanggaran protokol kesehatan saat malam pergantian tahun. (Dok Humas Sumut)

Empat lokasi itu menjadi titik fokus penjagaan karena kerumunan kerap terjadi di wilayah tersebut, ketika perayaan hari-hari besar.

Ady mengatakan pihaknya menurunkan 1.500 personel untuk memantau empat lokasi tersebut. Mereka akan bertugas membubarkan keramaian warga di atas pukul 22.00 WIB.

 

2. Polisi juga akan awasi restoran dan tempat usaha hiburan

Malam Tahun Baru, Polres Jakbar Jaga 4 Lokasi Pusat KeramaianIlustrasi restoran (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sembari memantau lokasi, polisi juga akan berkeliling ke restoran dan tempat usaha hiburan, untuk memastikan mereka tidak beroperasi saat malam pergantian tahun.

Ady berharap kegiatan ini bisa berguna untuk mengurangi potensi kerumunan selama perayaan tahun baru. Dia juga berharap ada kesadaran masyarakat tidak keluar rumah merayakan tahun baru demi mengurangi kerumunan publik.

 

Baca Juga: Sambut Tahun Baru, Jokowi Klaim Kasus COVID-19 RI Melandai

3. Pemkot Jakbar kerahkan 300 personel Satpol PP

Malam Tahun Baru, Polres Jakbar Jaga 4 Lokasi Pusat KeramaianPendisiplinan masyarakat yang dilakukan Satpol PP di kawasan Malioboro. IInstagram/ Satpol PP DIY

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) juga siap mengerahkan sedikitnya 300 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), untuk mengamankan malam Tahun Baru di kawasan CNI Kembangan dan Kota Tua.

"Tugas mereka fokusnya untuk membubarkan keramaian warga di dua lokasi itu," kata Kepala Seksi Operasi Satpol PP Jakarta Barat Sumardi Siringoringo saat dihubungi di Jakarta, Rabu (29/12/2021).

Sumardi menjelaskan, jumlah personel sebanyak itu merupakan gabungan Satpol PP kecamatan dan Pemkot Jakbar. Dia juga mengungkapkan dua lokasi tersebut dijaga, lantaran kerap dipadati warga, terutama pada saat perayaan hari besar.

Para petugas akan melarang adanya aktivitas warga di dua lokasi tersebut pada Jumat malam sejak pukul 18.00 WIB.

"Kecuali warga yang tinggal di lokasi itu ya, kita perbolehkan masuk," kata Sumardi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya