Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal, Prabowo-Sandiaga Berduka

Sandiaga melayat ke rumah duka

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso pada Minggu pagi (10/5). Almarhum merupakan mantan Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pada Pilpres 2019.

"Prabowo berduka ya karena almarhum Djoko ini sudah puluhan tahun bersama Pak Prabowo," kata Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade seperti dilansir kantor berita Antara, Minggu.

1. Almarhum sudah seperti orang tua di Partai Gerindra

Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal, Prabowo-Sandiaga Berduka(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Tak hanya Prabowo yang merasa kehilangan sosok yang dinilai tegas itu, namun seluruh warga Indonesia, termasuk kader Gerindra.

"Beliau sudah kami anggap sebagai orang tua di Partai Gerindra, yang selalu menjadi panutan bagi kami semua," kata anggota Komisi VI DPR RI ini.

Andre mengaku belum mengetahui secara pasti, apakah Prabowo yang juga menjabat Menteri Pertahanan itu akan melayat ke rumah duka atau tidak.

"Saya tidak tahu pasti. Tapi saya akan melayat ke rumah duka di Bambu Apus, Jakarta Timur," kata dia.

Baca Juga: [FOTO] Pelepasan Jenazah Mantan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso

2. Sandiaga melawat ke rumah duka

Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal, Prabowo-Sandiaga Berduka(Instagram/@sandiuno)

Sementara, Sandiaga melalui akun Instagramnya, @sandiuno juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Djoko Santoso. Dalam unggahan ini, Sandi juga menyertakan foto dirinya saat melawat ke rumah duka.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Turut berduka atas meninggalnya Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso. Indonesia kembali kehilangan sosok prajurit sejati, yang selama hidupnya mendedikasikan waktu, tenaga, jiwa dan raga untuk merah putih. Terima kasih atas segala jasa dan baktimu kepada negara. Selamat jalan, Jenderal. #DjokoSantoso," tulis Sandiaga di Instagramnya.

3. Jajaran TNI mengibarkan bendera setengah tiang

Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal, Prabowo-Sandiaga Berduka(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, jajaran TNI juga melayat ke rumah duka, untuk memberikan penghormatan terakhir. Di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Selain KSAD, akan hadir para pejabat teras TNI/TNI AD, para mantan KSAD, para purnawirawan Pati TNI, keluarga, kerabat dan sanak keluarga serta para pelayat di Rumah Duka untuk memberikan penghormatan terakhir dan mendoakan agar Almarhum Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso diterima disisi-Nya dan husnul khotimah," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Kolonel Inf Nefra Firdaus, di Jakarta, Minggu.

Kadispenad menjelaskan setelah prosesi perawatan jenazah di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, jenazah dibawa ke rumah duka di Jalan Bambu Apus Raya nomor 100 RT 12/RW 3, Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Selanjutnya, jenazah diberangkatkan dari rumah duka pada pukul 13.00 WIB menuju pemakaman Sandiego Hills, Karawang Jawa Barat, dan dilaksanakan upacara pemakaman secara militer sekitar pukul 14.00 WIB.

Djoko Santoso lahir di Surakarta, 8 September 1952. Almarhum meninggalkan seorang istri, Angky Retno Yudianti, dan dua anak yaitu Andika Pandu Puragabaya dan Ardhya Pratiwi Setiowati.

Pada Pilpres 2019, almarhum pernah menjadi ketua tim pemenangan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sebelumnya, Djoko Santoso dipercaya sebagai Panglima TNI pada era Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia menduduki jabatan ini sejak Desember 2007 hingga September 2010. Djoko Santoso kala itu menggantikan posisi Panglima TNI sebelumnya, Jenderal (purn) Djoko Suyanto.

Pada Pemilihan Presiden 2009, Djoko Santoso juga pernah diusulkan menjadi calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri. Namun, kala itu Djoko mengaku tak berminat terjun ke dunia politik, lantaran memilih menuntaskan reformasi TNI.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Meninggal, Bukan karena COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya