Comscore Tracker

Mau Tahu Banyak soal Pilkada 2020? Tanya Saja di #MillennialsMemilih

Kamu bisa bertanya dan juga menjawab soal Pilkada

Jakarta, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember di 270 daerah, meski beberapa pihak menolak diselenggarakan pilkada saat pandemik COVID-19. Pemerintah bersama penyelenggara pemilu sepakat menggelar pilkada sesuai jadwal tahapan, dengan alasan pandemik belum tahu kapan berakhir.

Karena itu, mau tak mau masyarakat harus berpartisipasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini. Khususnya, kalangan millennial atau generasi muda. Bagaimana cara millennial berpartisipasi? Tentu ada berbagai cara, di antaranya bisa membantu penyelenggara pemilu menyosialisasikan atau memberikan edukasi soal pilkada kepada lingkungan sekitar.

Nah, dalam rangka edukasi tersebut, millennial bisa juga kolaborasi dengan IDN Times melalui program pemilu #MillennialsMemilih yang telah meraih penghargaan WAN IFRA untuk Pilpres 2019. Caranya gampang banget, kamu tinggal menjawab atau mengajukan pertanyaan seputar Pilkada Serentak 2020 dari teman kamu sesama. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akurat tentunya, kamu secara tak langsung sudah memberikan edukasi kepada masyarakat soal pilkada.

Selain itu, kamu bisa juga mengajukan pertanyaan langsung kepada pasangan calon yang turut berpartisipasi dalam program ini. Karena #MillennialsMemilih juga membuka kesempatan bagi pasangan calon atau tim suksesnya (timses) untuk menjadi bagian program ini, dengan menjawab langsung pertanyaan dari warganet atau masyarakat.

Baca Juga: Kendala Internet di Daerah, Bawaslu Wanti-wanti Sirekap Pilkada 2020

1. Millennial, pasangan calon, hingga tim sukses bisa perpartisipasi dengan menjawab dan mengajukan pertanyaan

Mau Tahu Banyak soal Pilkada 2020? Tanya Saja di #MillennialsMemilihIlustrasi Pilkada (IDN Times/Kevin Handoko)

Kamu yang masih belum paham informasi seputar Pilkada bisa mengajukan pertanyaan, atau buat kamu yang sudah paham bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman kamu di microsite #MillennialsMemilih. Dengan begitu, kamu turut berpartisipasi langsung membantu menyukseskan pilkada.

Pasangan calon kepala daerah atau timsesnya juga turut berpartisipasi membantu menjawab pertanyaan calon pemilih, khususnya pemilih pemula atau kalangan millennial. Misalnya, menjawab pertanyaan seputar program atau visi misi paslon di daerah pemilihannya.

Dengan begitu, antara calon pemilih (warga) dan calon kepala daerah yang akan memimpin daerahnya bisa berinteraksi langsung, sebelum mereka menentukan pilihannya pada 9 Desember mendatang.

Dalam program ini, tim editorial juga akan berusaha membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan millennial, yang sekiranya belum terjawab. Karena itu, jangan khawatir pertanyaan-pertanyaan kamu tidak akan terjawab, selama pertanyaan tersebut layak dipertanyakan.

2. Ajukan pertanyaan yang layak atau relevan seputar Pilkada Serentak

Mau Tahu Banyak soal Pilkada 2020? Tanya Saja di #MillennialsMemilihIlustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Setiap user bisa mengajukan pertanyaan apa saja, selama layak dan relevan dengan tema Pilkada Serentak 2020. Misalnya seputar tahapan pilkada, tata cara mencoblos pada saat pandemik, atau tentang visi misi pasangan calon.

Setiap user juga bisa ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diajukan user lainnya. Tentu sebisa mungkin memberikan jawaban yang relevan, sehingga turut memberikan edukasi kepada masyarakat soal pilkada.

Perlu diingat, bagi pertanyaan-pertanyaan yang tidak layak atau relevan, atau bahkan mengandung unsur SARA, atau justru mendiskreditkan salah satu pasangan calon, tim redaksional tidak akan menayangkan pertanyaan atau jawaban tersebut, serta tidak bertanggung jawab.

Setiap pertanyaan dengan jawaban atau komentar terbanyak otomatis akan berada di bagian atas desk Tanya Jawab. Dan tim editorial mohon maaf jika semua pertanyaan nanti tidak terjawab dengan baik, karena keterbatasan yang ada.

3. Cara mengajukan pertanyaan dan menjawab di fitur Tanya Jawab #MillennialsMemilih

Mau Tahu Banyak soal Pilkada 2020? Tanya Saja di #MillennialsMemilihIlustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Baut kamu yang ingin mengajukan berbagai pertanyaan atau menjawab pertanyaan seputar Pilkada Serentak 2020 di fitur Tanya Jawab #MillennialsMemilih, syarat pertama adalah kamu harus punya akun di IDN App. Kalau kamu belum punya akun, kamu harus mengunduh IDN App terlebih dahulu di ponsel pintar kamu.

Setelah kamu punya akun, kamu bisa menulis pertanyaan atau menjawab pertanyaan. Berikut tahapan cara mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan:

1. Login
2. Tulis pertanyaan (klik tanda plus)
3. Pilih Tanya Jawab
4. Sertakan hashtag #MillennialsMemilih (Pastikan penulisan hastag tidak salah agar muncul di home fitur Tanya Jawab)
5. Pilih topik Indonesia
6. Kirim pertanyaan.

Sedangkan, untuk memeriksa pertanyaan kamu apakah sudah dijawab atau belum, kamu bisa mengunjungi Notification. Atau bisa juga pilih Profil dan pilih Pertanyaan Dibuat. Di fitur ini akan terlihat, apakah pertanyaan kita sudah dijawab atau belum.

Nah, kalau kamu ingin menjawab pertanyaan seputar Pilkada Serentak, caranya sebagai berikut:

1. Login
2. Pilih Home
3. Pilih tanda anak panah warna merah untuk masuk ke feed Tanya Jawab
4. Pilih pertanyaan yang akan dijawab (pertanyaan dengan tanda hastag #MillennialsMemilih)
5. Pilih Jawab Pertanyaan dan tulis jawabanmu, serta akhiri dengan klik tombol post.

4. Kamu berhak mendapat hadiah uang tunai

Mau Tahu Banyak soal Pilkada 2020? Tanya Saja di #MillennialsMemilihANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu, buat kamu yang mengajukan pertanyaan dengan jumlah like dan komentar paling banyak, bakal berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp200 ribu per minggunya untuk satu pemenang.

Makanya, buruan ajukan pertanyaan yang paling keren biar dapat like dan komentar yang banyak supaya kamu bisa rebut hadiahnya, guys!

Baca Juga: [LINIMASA] Pilkada Serentak 2020 di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Rochmanudin
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya