Mengenal Rangkaian Ibadah Jelang Paskah: Rabu Abu Hingga Sabtu Suci

Dahi umat Kristiani biasanya diberi tanda salib dari abu saat Rabu Abu

Jakarta, IDN Times - Ribuan umat Kritiani pagi ini merayakan Paskah di Monas, untuk merayakan kebangkitan Yesus. Di balik perayaan Paskah, ternyata ada juga rangkaian ibadat yang mungkin jarang dikenal masyarakat luas.

Kitab Injil berkata Yesus wafat di kayu salib pada hari Jumat Agung dan hidup kembali tiga hari kemudian. Berikut lima rangkaian ibadat jelang Paskah 

1. Rabu Abu

Mengenal Rangkaian Ibadah Jelang Paskah: Rabu Abu Hingga Sabtu SuciIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Seperti dikutip dari Rappler, Minggu (1/4), Rabu Abu adalah waktu untuk menandakan tepat 40 hari sebelum Minggu Paskah. Pada hari ini biasanya banyak gereja yang memberikan jemaatnya tanda salib dari abu di dahinya. Tanda salib itu untuk melambangkan bahwa manusia berasal dari debu dan akan kembali menjadi debu.

Rabu Abu juga menandakan mulainya masa pra-Paskah atau Lent yang memperingati hari 40 hari di masa Yesus diuji oleh iblis di padang gurun. Pada masa itu banyak umat Kristiani yang berpuasa daging atau pun berpantang untuk memperingati pengorbanan Yesus.

Baca juga: Jelang Paskah, Jemaat GKI Yasmin Gelar Ibadah Jumat Agung di Seberang Istana

2. Kamis Putih

Mengenal Rangkaian Ibadah Jelang Paskah: Rabu Abu Hingga Sabtu SuciIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pada Kamis Putih umat Kristiani biasanya memperingati penjamuan terakhir Yesus dan keduabelas muridnya. Pada hari itu juga pendeta dari beberapa gereja, termasuk Gereja Katolik dan Anglikan, mencuci kaki beberapa napi mafia di sebuah penjara di Roma.

3. Jumat Agung

Mengenal Rangkaian Ibadah Jelang Paskah: Rabu Abu Hingga Sabtu SuciIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Jumat Agung adalah hari ketika Yesus disalib dan wafat. Pada hari ini umat Kristiani biasanya merenungkan "passion" atau penderitaan yang dialami Yesus. Pada hari ini umumnya umat Kristiani dari Gereja Protestan menggelar Perjamuan Kudus.

Sementara, di beberapa daerah seperti Larantuka, Flores, dan Filipina, umat Katolik merayakan dengan melakukan prosesi penyaliban menyerupai kisah tragis yang dialami Yesus.

4. Sabtu Suci

Mengenal Rangkaian Ibadah Jelang Paskah: Rabu Abu Hingga Sabtu SuciIDN Times/Teatrika Putri

Sabtu Suci adalah hari di antara kematian dan kebangkitan Yesus dan merupakan masa dukacita bagi umat Kristiani. Pada hari ini, Gereja Katolik tidak mengadakan Misa dan altar dibiarkan kosong. Banyak gereja menggunakan hari ini untuk merenung.

5. Minggu Paskah

Mengenal Rangkaian Ibadah Jelang Paskah: Rabu Abu Hingga Sabtu SuciIDN Times/Uni Lubis

Hari Paskah diperingati sebagai hari kebangkitan Yesus dan hari raya terbesar dalam kalender lituragi Kristen. Umumnya, gereja mengadakan Misa atau kebaktian subuh, karena Yesus dipercaya bangkit pada pagi Paskah.

Tidak sedikit juga gereja yang mendakan lomba mencari telur Paskah untuk anak-anak.

Baca juga: Linimasa: Perayaan Paskah Jemaat GBI di Monas

Topik:

Berita Terkini Lainnya