Meninggal Karena Kanker, Bupati Tanah Datar Dikenal Sosok yang Santun

Keluarga besar meminta maaf kepada masyarakat Sumbar

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit memimpin pelepasan jenazah Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi sebelum dimakamkan di pemakaman keluarga di Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Minggu (20/9/2020).

Sebelum dimakamkan jenazah terlebih dahulu disemayamkan di Rumah Dinas Bupati di Gedung Indo Jalito Batusangkar. Keluarga menyatakan agar semua pihak memaafkan kesalahan almarhum dan mendoakan agar almarhum diterima amal ibadahnya di sisi Allah SWT.

1. Almarhum dikenal sosok politikus dan ulama yang santun

Meninggal Karena Kanker, Bupati Tanah Datar Dikenal Sosok yang Santun(ANTARA/Etri Saputra)

Jenazah Irdinansyah kemudian dibawa menuju Masjid Nurul Amin Pagaruyung kompleks Kantor Bupati Tanah Datar, untuk disalatkan.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit selaku pembina upacara pelepasan jenazah mengatakan, almarhum merupakan sosok pemimpin yang baik dan mampu membawa kemajuan serta kesejahteraan bagi masyarakat Tanah Datar.

Nasrul mengaku sudah berteman lama dengan almarhum semenjak menjabat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sumatera Barat. Almarhum juga merupakan seorang politisi dan seorang ulama yang santun.

Baca Juga: 8 Kepala Dinas di Sidoarjo Positif COVID-19 Setelah Bupati Meninggal

2. Keluarga meminta maaf kepada masyarakat Sumbar

Meninggal Karena Kanker, Bupati Tanah Datar Dikenal Sosok yang SantunGubernur Sumbar Irwan Prayitno [tengah] ketika menyambut turis Tiongkok tiba di Padang. (Dokumentasi Humas Pemprov)

Nasrul juga menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, karena pada waktu yang bersamaan tidak bisa hadir. Ia mendoakan agar almarhum diberikan tempat yang baik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

"Saya sudah berteman lama dengan beliau semoga beliau semasa hidup diampuni dosanya dan diterima Allah ibadahnya, serta keluarga ditinggal diberi kesabaran," kata dia.

Sementara Keluarga Besar Almarhum Irdinansyah Tarmizi Desman Efendi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Tanah Datar dan Sumatra Barat, atas kekhilafan almarhum selama hidupnya.

"Kami menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Tanah Datar dan Sumatera Barat semoga almarhum diterima di sisi Nya," katanya.

3. Jenazah terlebih dahulu dilepas secara adat di rumah gadang Datuak Gindo sebelum dikebumikan

Meninggal Karena Kanker, Bupati Tanah Datar Dikenal Sosok yang SantunIlustrasi rumah gadang di Tanah Datar (Google Street View)

Sebelum dimakamkan di pandam pekuburan keluarga, jenazah terlebih dahulu dilepas secara adat di rumah gadang Datuak Gindo Mangkuto Kapalo Labuah suku Kutia Anyia, dan disalatkan lagi di Masjid Nurul Amal.

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer atau apel persada atas jiwa raga dan jasa-jasa almarhum yang telah dipersembahkan untuk ibu pertiwi. Usai pembacaan apel persada yang dibacakan Wakil Bupati Zuldafri Darma, jenazah dikebumikan dengan diiringi tembakan regu salvo TNI-Polri.

Provinsi Sumatra Barat kembali berduka. Bupati Kabupaten Tanah Datar, Irdiansyah Tarmizi meninggal dunia pada Sabtu malam (19/9/2020) sekira pukul 19.55 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, mengatakan almarhum sudah lama sakit dan dirawat di rumah sakit selama tiga pekan terakhir. Dia menderita penyakit kanker. 

“Sementara, jenazah akan disemayamkan di rumah dinas. Minggu esok, jenazah direncanakan akan dimakamkan di pandam pekuburan keluarga,” ujar Zuldafri, Sabtu malam, 19 September 2020.

Baca Juga: Kabar Duka, Bupati Tanah Datar Meninggal Dunia  

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya