Minta Kader Demokrat Kerja Keras, AHY: Menang Pemilu Tak Cukup Survei

AHY ingin Demokrat jadi kuda hitam di pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta kader tetap bekerja keras mempersiapkan diri menuju pemilihan umum 2024, meskipun hasil sejumlah survei menunjukkan elektabilitas partai naik sepanjang 2021.

“Survei adalah kompas atau barometer, tetapi untuk menang tidak cukup hanya survei,” kata AHY kepada para anggota DPRD dari Partai Demokrat, dilansir ANTARA, Minggu (6/2/2022).

Baca Juga: Demokrat Prihatin Bupati Penajam Paser Utara Di-OTT KPK

1. AHY ingin Demokrat jadi 'kuda hitam'

Minta Kader Demokrat Kerja Keras, AHY: Menang Pemilu Tak Cukup SurveiKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Dalam kesempatan ini, AHY mengingatkan kadernya agar tetap rendah hati dan tidak jumawa.

“Jangan merasa diri hebat. Lebih baik kita menjadi kuda hitam yang tidak diperhitungkan, tetapi menang,” kata AHY mengingatkan kader Demokrat.

Kuda hitam merupakan idiom yang dapat diartikan sebagai pemenang pemilu yang tidak diduga-duga atau diperhitungkan lawan.

2. AHY ingatkan kader konsisten bantu rakyat dan tunjukkan identitas Demokrat

Minta Kader Demokrat Kerja Keras, AHY: Menang Pemilu Tak Cukup SurveiKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

AHY juga memerintahkan kadernya yang saat ini menjadi anggota dewan perwakilan di daerah, agar konsisten membantu rakyat dan menunjukkan identitas Demokrat sebagai partai nasionalis dan religius.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut kader Demokrat yang saat ini bertugas sebagai anggota DPR dan DPRD merupakan aset partai.

Karena itu, AHY meminta ada kesamaan dan kesatuan visi, misi, antara pengurus partai serta perwakilan partai di parlemen dalam memenangkan Pemilu 2024.

“Pilpres (pemilihan presiden) dan Pileg (pemilihan anggota legislatif) harus kita baca dalam satu tarikan napas yang sama. Insyaallah saat kita menang Pilpres dan Pileg, kita juga akan memenangkan Pilkada (pemilihan kepala daerah),” kata dia.

AHY rutin memberi instruksi dan arahan kepada kader Demokrat untuk mempersiapkan diri menjelang Pemilu 2024, termasuk saat memberi sambutan secara virtual pada kegiatan bimbingan teknis yang diikuti ratusan anggota DPRD dari Partai Demokrat pekan ini.

Baca Juga: AHY: Demokrat Jadi Kuda Hitam di Pemilu 2024

3. Demokrat pernah jadi kuda hitam pada Pemilu 2004

Minta Kader Demokrat Kerja Keras, AHY: Menang Pemilu Tak Cukup SurveiKepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Minggu (3/10/2021) (IDN Times/Muhammad Ilman Na'fian)

Dalam kesempatan berbeda, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, mengatakan ungkapan kuda hitam itu merupakan upaya AHY menyemangati kadernya.

“Ketum AHY menyemangati para anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat untuk jangan kecil hati, meskipun saat ini Demokrat di luar kekuasaan dan mungkin tidak diperhitungkan,” terang dia.

Herzaky mengatakan sejarah mencatat Demokrat pernah jadi kuda hitam pada pemilihan umum 2009. “Meski awalnya dianggap biasa saja, akhirnya Demokrat bisa mendulang kesuksesan sebagai partai terbesar dan pemenang pemilu pada 2009. Itu yang menjadi ikhtiar Demokrat,” kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya