Muhaimin: Semangat Gus Dur Jadi Inspirasi Masyarakat Hadapi Pandemik

Acara Haul Gus Dur dihadiri sejumlah tokoh

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berharap semangat perjuangan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi inspirasi dalam menghadapi pandemik COVID-19.

"Semoga semangat perjuangan Gus Dur menjadi inspirasi pemerintah, masyarakat dan kita semua, agar Indonesia bisa mengatasi masa-masa sulit pandemik saat ini," kata Muhaimin saat membacakan manaqib dalam acara Peringatan Haul Gus Dur ke-12 Hijiryah yang disiarkan di kanal Nahdlatul Ulama (NU), Minggu (22/8/2021) malam.

Pembacaan manaqib atau riwayat hidup Gus Dur merupakan rangkaian acara Haul Gus Dur ke-12. Haul Gus Dur diselenggarakan sejak 14 Muharram 1431 Hijriah, sekaligus peringatan wafatnya Presiden RI ke-4 itu.

Baca Juga: Profil Wimar Witoelar, Jubir Gus Dur yang Ceplas Ceplos

1. Gus Dur mengajarkan kebersamaan dalam menyelesaikan persoalan bangsa

Muhaimin: Semangat Gus Dur Jadi Inspirasi Masyarakat Hadapi PandemikMendiang Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (www.nu.or.id)

Muhaimin menyatakan Gus Dur telah memberikan jalan atau model, di mana keterlibatan semua kalangan menjadi kekuatan luar biasa dalam menyelesaikan setiap persoalan.

"Kalau kita bisa menggalang semua kekuatan, dapat mengatasi pandemik, menyukseskan pembangunan untuk menjadi Indonesia maju, adil dan sejahtera," kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Mantan Menteri Tenaga Kerja itu menilai sosok Gus Dur selalu menanamkan sikap rasa percaya diri dengan modal kekayaan khazanah hingga kultural, yang dimiliki bangsa Indonesia.

Muhaimin meyakini di tengah krisis dan pandemik saat ini, pemerintah tidak akan mampu berjalan sendiri, tanpa melibatkan dan bekerja bersama-sama kekuatan masyarakat untuk terlibat dan menjadi bagian memberikan solusi kepada masyarakat.

2. Contohkan program vaksinasi COVID-19 yang perlu melibatkan semua pihak

Muhaimin: Semangat Gus Dur Jadi Inspirasi Masyarakat Hadapi PandemikIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Muhaimin mencontohkan program vaksinasi baru akan berakhir, apabila semua kekuatan terlibat untuk menyukseskan. Tetapi, kata dia, jika hanya mengandalkan pemerintah pastinya akan lambat dan mengalami berbagai kendala.

"Bayangkan beberapa bulan lalu, kita berdebat vaksin soal halal atau haram. Itu disebabkan karena rendahnya partisipasi keterlibatan masyarakat," ujar dia.

3. Mahfud MD hingga Menaker hadiri Haul Gus Dur

Muhaimin: Semangat Gus Dur Jadi Inspirasi Masyarakat Hadapi PandemikMenko Polhukam Mahfud MD (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sejumlah tokoh turut serta membacakan manaqib Gus Dur di antaranya Menteri Koordinasi bidan Politik dan Hukum Mahfud MD, Sekjen aliansi masyarakat adat nusantara (AMAN) Rukka Sombolinggi, Budayawan Sujiwo Tejo dan Akademisi Nadirsyah Hosen.

Sementara beberapa tokoh yang hadir dalam acara ini di antaranya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Waketum DPP PKB Hanif Dhakiri, hingga Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid.

Baca Juga: NU dan Alissa Wahid Tegaskan Kabar Istri Gus Dur Meninggal Hoaks

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya