Pantau Persiapan Mudik di Tol Cikampek, Jonan Jajal Motor BBM

Jonan memastikan BBM Premium berlaku di tiga daerah

Jakarta, IDN Times - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan hari ini meninjau persiapan bahan bakar minyak (BBM) di SPBU jalur mudik, yakni di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

1. Jonan mengendarai sepeda motor BBM

Pantau Persiapan Mudik di Tol Cikampek, Jonan Jajal Motor BBMIstimewa

Dalam kunjungan itu, Jonan sempat menyambangi SPBU di KM57 Tol Jakarta-Cikampek. Dia menjajal sepeda motor BBM yang didesain sengaja untuk melayani pemudik yang menggunakan kendaraan.

Seperti tahun sebelumnya, sepeda motor BBM ini akan melayani pemudik yang kehabisan babah bakar saat terjebak kemacetan di jalan. Kendaraan ini juga berfungsi mengurangi antrean di SPBU, sehingga mengurai kemacetan.

2. Jonan memastikan penyaluran BBM Premium

Pantau Persiapan Mudik di Tol Cikampek, Jonan Jajal Motor BBMIstimewa

Selain menjajal sepeda motor BBM, Jonan juga meninjau kesiapan sejumlah SPBU untuk persiapan mudik. Termasuk, pasokan bahan bakar jenis Premium.

Jonan pada kesempatan sebelumnya memastikan, pihaknya akan menyediakan kembali premium di wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali). Bahkan tidak hanya berlaku pada saat mudik tetapi untuk seterusnya.

Penyaluran BBM Premium ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2018 mengenai kewajiban Pertamina, untuk kembali menyalurkan BBM jenis Premium di tiga wilayah tersebut.

3. Jonan memantau persiapan mudik di sejumlah SPBU

Pantau Persiapan Mudik di Tol Cikampek, Jonan Jajal Motor BBMIstimewa

Dalam rangka mengantisipasi permintaan BBM jenis Premium selama mudik Lebaran, akan ada tambahan 571 SPBU di wilayah Jamali yang akan menjual Premium. Setiap SPBU akan menyediakan 8.000 liter Premium setiap harinya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya