Peluru Nyasar di Ruang Anggota DPR, Bamsoet: Pelaku dari Perbakin

Apakah ada unsur penembakan atau peluru nyasar?

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo angkat bicara terkait dugaan peluru nyasar di ruang anggota DPR RI sore ini. Menurut Bambang, peluru tersebut menyasar ke ruang anggota Komisi III. 

Apakah peristiwa ini ada motif penembakan atau peluru nyasar?  

Baca Juga: Ini Kronologi Peluru Nyasar di Ruangan Anggota DPR

1. Peluru nyasar ke ruang anggota Komisi III DPR RI

Peluru Nyasar di Ruang Anggota DPR, Bamsoet: Pelaku dari PerbakinDok.IDN Times/Istimewa

Bambang mengaku menerima laporan peristiwa tersebut pada pukul 15.30 WIB. Peluru tersebut menyasar di lantai 16 gedung DPR.  

"Saya baru baru dilaporkan tadi tepat jam 15.30 WIB, ketika selesai rapim ada ruangan anggota DPR di lantai 16, dan kemudian di lantai 16 tembus ke kaca. Awalnya ada pertanyaan, ditembak atau peluru nyasar?" ujar pria yang akrab disapa Bambsoet itu dalam jumpa pers di Gedung DPR, Senin (15/10).  

Bamsoet menuturkan peluru tersebut nyasar ke ruangan nomor 1601 milik anggota DPR RI Fraksi Gerindra Wenny Warouw, dan ruangan 1313 milik anggota DPR RI Fraksi Golkar Bambang Heri. 

"Kemudian ternyata ruangan di lantai 16 itu ruangan mantan jenderal polisi Pak Wenny Warouw dari Gerindra, dan lantai 13 itu ruangan Bambang Heri, anggota DPR RI dari Partai Golkar, dan dua-duanya anggota Komisi III," ujar dia.   

Politikus Partai Golkar itu menyebutkan, Bambang adalah anggota aktif Perbakin yang rutin melakukan latihan pada akhir pekan.  

"Kalau yang satu mantan jenderal, yang satu anggota Perbakin aktif anggota saya di K3 PT JSC (Keamanan, Ketertiban dan Kebersihan PT Jakabaring Sport City) yang sering tiap Jumat Sabtu Minggu kita latihan di lapangan Perbakin di seberang gedung (DPR) ini," kata dia. 

Tak lama setelah kejadian ini, kata Bamsoet, pihaknya langsung menghubungi Polda Metro Jaya, dan tak lama kemudian dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dia juga melaporkan peristiwa ini ke Humas Polri. 

"Kemudian juga kami berkomunikasi dengan Pak Setyo, Pak Setyo hadir di sini dalam kapasitas sebagai ketua Perbakin DKI Jakarta," kata dia.

2. Peluru nyasar dari latihan menembak anggota Perbakin

Peluru Nyasar di Ruang Anggota DPR, Bamsoet: Pelaku dari PerbakinDok.IDN Times/Istimewa

Bamsoet mengatakan peluru nyasar ini diduga berasal dari anggota Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) yang sedang berlatih di lapangan Perbakin. 

"Jadi intinya adalah ada yang latihan menembak di Perbakin, lapangan tembak Perbakin yang kemudian pelurunya nyasar ke Gedung DPR," ujar dia.  

Dalam hitungan menit, kata Bamsoet, orang yang diduga salah tembak atau melakukan peluru nyasar sudah ditemukan. 

"Pistolnya juga sudah ada dan kami sepenuhnya serahkan kepada pihak Perbakin untuk memproses secara hukum," kata dia.

3. Pelaku anggota Perbakin Tangerang

Peluru Nyasar di Ruang Anggota DPR, Bamsoet: Pelaku dari PerbakinDok.IDN Times/Istimewa

Bamsoet menjelaskan pelaku adalah anggota Perbakin asal Tangerang Selatan, Banten. Dia menegaskan peristiwa ini tidak ada kaitan dengan aksi terorisme. 

"Pelakunya adalah anggota Perbakin Tangsel, lagi latihan. Nah, untuk ini kami serahkan nanti ke pengurus Perbakin untuk ditindaklanjuti secara hukum," kata Bambsoet. 

Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini, ya guys.

Baca Juga: Peluru Diduga Nyasar ke Ruangan Anggota DPR

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya